3 Bulan Petarung PON Bali Kosentrasi Latihan Fisik

3-bulan-petarung-pon-bali-kosentrasi-latihan-fisik
Ket Foto : Tradisi emas menjadi di PON menjadi tekad besar tim tarung derajat PON Bali. Foto : bfn/ist
banner 120x600

DENPASAR, Balifactualnews.com – Demi menatap prestasi pada PON XXI/2024 di Aceh dan Sumatera Utara (Sumut), Tim tarung derajat putra dan putri PON Bali konsentrasi menjalani latihan fisik selama 3 bulan ke depan. Ini penting demi berupaya menjaga bahkan meningkatkan raihan 4 emas, 1 perak dan 3 perunggu pada PON XX/2021 di Papua. Tim tarung derajat PON Bali dihuni 10 petarung terdiri dari 6 petarung putra dan 4 petarung putri.

“Beberapa hari lalu para petarung PON Bali sudah mulai latihan perdana sampai 3 bulan ke depan. Konsentrasinya terkait latihan fisik dan kekuatan serta kebugaran,” tutur Sekretaris Umum (Sekum) Pengprov Kodrat Bali, Agung Bagus Tri Candra Arka didampingi Koordinator tim pelatih I Gede Sutarya Yasa di GOR Lila Bhuana Denpasar, Kamis (18/1/2024).

Konsentrasi latihan fisik itu versinya, difokuskan di GOR Lila Bhuana dan salah satu pusat kebugaran di Kawasan Panjer Denpasar Selatan. “Sepekan tiga kali latihan terdiri dari dua kali latihan fisik dan kebugaran di gym, serta satu kali latihan fisik di GOR Lila Bhuana,” terang pria yang biasa disapa Gung Cok itu.

Kabid Binpres KONI Bali tersebut, nantinya setelah masuk Mei dan Juni 2024 konsentrasi dari fisik akan diganti dengan konsentrasi latihan ke ke teknik tarung. Latihan itu akan juga disisipi dengan melakoni ujicoba baik itu try in maupun try out. “Proyeksi kami pada Mei 2024 try in dan Juni 2024 akan kami gunakan try out,” sebut Gede Sutarya Yasa.

Sedangkan untuk daerah untuk sasaran try out itu masih belum dipastikan. Meski demikian jika mengaca dari sebelumnya barometer kekuatan tarung derajat nasional, kemungkinan provinsi yang dituju tak lain Jawa Tengah, Jawa Timur atau NTB.

Diakuinya, menghadapi PON 2024 September mendatang dirinya sangat serius karena di PON Aceh dan Sumut, target medali ditingkatkan menjadi minimal 5 emas. Belum lagi tekad tim tarung derajat Bali ingin tetap menjaga tradisi emas setiap helatan PON. (ena/bfn)