Ambyar, Proyek Lampu Hias Senilai Rp 3 Miliar Tak Selesai Tepat Waktu

ambyar-proyek-lampu-hias-senilai-rp-3-miliar-tak-selesai-tepat-waktu
Proyek pemasangan 86 titik lampu hias senilai Rp 3 miliar di Krangasem tidak selsai tepat waktu dan baru terpasang di enam titik di Jalan Ahmad Yanu, Lingkungan Jasri, Kelurahan Subagan,

KARANGASEM, Balifactualnews.com–Harapan Pemkab Karangasem melalui Dinas Perhubungan ,  bisa menerangi jalan protokol masuk  kota Amlapura dengan lampu hias jelang penutupan tahun 2023,  ambyar. Kondisi itu terjadi karena CV Pradhana Teknik selaku rekanan  yang menggarap proyek tersebut tidak bisa menyelesaikan pekerjaan yang dimenangkan tepat waktu. 

Kepala Dinas Perhubungan, Tjokorda Surya Darma, ditemui di ruang kerjanya, Kamis (28/12/2023), membenarkan hal itu. Dia mengatakan, proyek pemasangan 86 titik lampu hias di sepanjang jalan Ahmad Yani dan jalan Untung Suropati, Amlapura  dengan pagu anggaran dari APBD Perubahan 2023 sebesar Rp 3.080.000.000, kontrak kerjanya selama 35 hari kalender, yakni pengerjaan proyek dimulai Senin (20/11/2023) dan berakhir, Kamis (28/12/2023) hari ini. 

“Hari ini batas akhir penyelesaian pekerjaannya, tapi karena terkendala pengiriman material berupa tiang lampu hias dari Surabaya, membuat  rekanan tidak bisa mengerjakan tepat waktu,” jelas  birokrat asal Klungkung itu. 

Dikatakan, proyek pemasangan  86 titik lampu hias  tersebut nilai kontraknya sebesar Rp 2.9  miliar lebih.  Terhadap keterlambatan penyelesaian pekerjaan  tersebut,  rekanan  juga sudah dikenakan penalti 1/1000 dari nilai pekerjaan atau denda maksimal 5 %  dengan adendum 50 hari. 

“Saat ini proyek masih dikerjakan dan rekanan berjanji akan menyelesaikan dalam waktu 15 hari kedepan. Kendati pun nantinya proyek bisa diselesaikan sesuai adendum yang kita buat, namun pembayarannya  harus menunggu Perubahan APBD 2024 mendatang,” jelas Tjokorda Surya Darma. 

Sekadar diketahui, proyek pemasangan lampu hias menggunakan tenaga surya di sepanjang Jalan Ahmad Yani dan Jalan Untung Suropati itu, bertuajuan  agar jalan  masuk kota Amlapura bisa lebih semarak dan elok. Perencanaan awal  lampu hias akan dipasang di dua sisi jalan, namun karena anggaran terbatas lampu hias baru bisa dipasang pada satu sisi ruas jalan dengan penanaman tiang lampu dilakukan diatas trotoar. 

“Tiang lampu yang dipasang panjangnya 9 meter dengan jarak 50 meter.  Saat ini rekanan baru memasang 6 titik lampu hias dan semuanya berada  jalan  Ahmad Yani, di Lingkungan Jasri, Kelurahan Subagan,” pungkasnya. (tio/bfn) 

 

Exit mobile version