Antari Jaya Negara Dukung Pencanangan Gerakan Denpasar Melawan Osteoporosis

antari-jaya-negara-dukung-pencanangan-gerakan-denpasar-melawan-osteoporosis
Ketua TP PKK Kota Denpasar, Ny. Sagung Antari Jaya Negara, Senam Tulang Sehat dalam rangka pencanangan Denpasar Melawan Osteoporosis, Minggu (18/12/2022).
banner 120x600

DENPASAR, Balifactualnews.com – Menyambut peringatan Hari Ibu ke 94, Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kota Denpasar bergandengan dengan Perkumpulan Warga Tulang Sehat Indonesia (Perwatusi) Bali menggelar Senam Tulang Sehat dalam rangka pencanangan Denpasar Melawan Osteoporosis, Minggu (18/12/2022).

Kegiatan yang dipusatkan di Taman Kota Lumintang, itu dihadiri langsung Ketua TP PKK Kota Denpasar, Ny. Sagung Antari Jaya Negara, sekaligus ikut senam bersama peserta lainnya.

Didampingi Ketua DWP Kota Denpasar, Ny. Ida Ayu Widnyani Wiradana, sesaat sebelum kegiatan senam dimulai, Ny. Antari Jaya Negara menyambut baik pencanangan Denpasar Melawan Osteoporosis itu. Dia mengharapkan gerakan ini dapat dijadikan momentum bagi masyarakat dari semua kalangan usia untuk sadar menjaga kepadatan tulang dengan memperbanyak gerak dan memenuhi asupan nutrisi.

“Pencanangan gerakan Denpasar Melawan Osteoporosis ini merupakan kegiatan yang sangat baik bagi kita. Karena masyarakat juga perlu mulai menyadari menjaga kesehatan tulang bisa dimulai dari usia muda, karena merupakan tabungan bagi kita di masa tua,” katanya.

Antari Jaya Negara, berharap,  gerakan melawan osteoporosis tidak hanya sebatas sosialisasi saja namun harus dilakukan melalui aksi nyata berkelanjutan dan diikuti semua kalangan.

Sekretaris GOW Kota Denpasar, A.A Sagung Anie Asmoro, mewakili Ketua GOW Kota Denpasar, Ny. Ayu Kristi Arya Wibawa menyebut pihaknya dalam hal ini mendukung penuh pencanangan gerakan Denpasar Melawan Osteoporsis ini.

“Kami melihat, saat ini osteoporosis tidak lagi hanya sebatas usia lansia saja. Untuk itu, melalui gerakan ini, GOW Kota Denpasar turut mengambil peran serta dalam upaya mendukung pencanangan gerakan melawan osteoporosis,” terangnya.

Sementara itu, Ketua DPD Perwatusi Bali, Ida Ayu Puji Arsini mengatakan saat ini pihak Perwatusi Bali memang sedang gencar memasyarakatkan pemahaman soal melawan osteoporosis, sesuai dengan rencana program Bali Melawan Osteoporosis pada tahun 2023 mendatang. Di Bali sendiri, Perwartusi sudah masuk ke instansi perguruan tinggi untuk mulai mengkampanyekan gerakan ini.

“Untuk wilayah pemerintah daerah di Bali, kami mengawali di Kota Denpasar untuk pencananganan gerakan ini, yang nantinya akan diikuti daerah lainnya,” papar Ida Ayu Puji.

Dijelaskan, program melawan osteoporosis  merupakan program nasional dengan nama Gerakan Nasional Melawan Osteoporosis yang diluncurkan sejak tahun 2021 lalu oleh Wakil Presiden RI, KH Ma’ruf Amin.

“Karena ini merupakan program nasional, maka kami tidak henti untuk terus mengedukasi betapa pentingnya aktivitas fisik, nutrisi, dan pola makan dengan gizi seimbang pada masyarakat. Upaya-upaya ini penting dilakukan sejak usia muda untuk mencegah atau mengurangi risiko osteoporosis di masa tua,” tukas Ida Ayu Puji. (iar/tio/bfn)