Atlet Muslim Lakoni Tes Fisik Usai Lebaran

atlet-muslim-lakoni-tes-fisik-usai-lebaran
Salah satu cabor yakni Biliar PON Bali usai melakoni tes fisik lalu. (Foto : bfn/ena)
banner 120x600

DENPASAR, Balifactualnews.com– KONI Bali tunjukkan toleransi tinggi utamanya kepada atlet Bali yang muslim. Terbukti, saat tes fisik yang digelar KONI Bali pada 30 – 31 Maret 2024 lalu di GOR Lila Bhuana, atlet muslim diijinkan absen. Hal ini karena saat ini merupakan bulan puasa.

Tes fisik atlet muslim sendiri akan digelar sekitar 20 April 2024 usai Lebaran. Jumlah atlet muslim yang nantinya mengikuti tes fisik itu berjumlah sekitar 80 atlet putra dan putri.

Ketua Umum KONI Bali, IGN. Oka Darmawan, mengatakan, banyak pertimbangan untuk menunda tes fisik setelah Lebaran . “Pastinya kami harus menghargai para atlet yang menjalankan ibadah puasalah dan kedua kalau diikutkan di tes fisik lalu juga hasilnya tak akan maksimal karena mereka puasa. Jadi inilah yang kami ambil untuk mereka para atlet musim dengan melakukan tes fisik susulan. Tak hanya itu kami perkiraan tes fisik pada 20 April 2024 nanti, agar para atlet tersebut bisa mudik lebih dulu saat Hari Lebaran nanti,” tutur Oka Darmawan di KONI Bali, Selasa (2/4/2024).

Semua itu diakui tidak ada masalah. Dan KONI Fleksibel sekali menyangkut hal itu. “Intinya kami berikan yang terbaik untuk semua atlet kami yang akan berlaga di PON XXI/2024 di Aceh dan Sumatera Utara (Sumut),” ujar mantan Ketua Umum Pengprov Perbasi itu.

Dipaparkan Oka Darmawan, tes fisik sebelumnya yang dilakukan bekerja sama dengan Undiksha itu, diikuti sekitar 721 atlet baik atlet lolos PON 2024 maupun atlet cadangan yang masuk long list, minus atlet muslim yang sedang berpuasa. Sementara total jumlah atlet PON Bali berjumlah 547 atlet putra dan putri.

“Hasil tes fisik memang masih belum dikeluarkan Undiksha, tapi kami minta agar nanti jika hasil te fisik keluar, pelatih dan atlet bisa melakukan koreksi dan evaluasi diri. Artinya jika tes fisiknya bagus harus tetap ditingkatkan, apalagi yang hasilnya kurang bagus, masih ada waktu untuk memperbaiki. Intinya kami berharap ke depannya semua dalam kondisi baik dan prima saat menjelang sampai saat bertanding di PON 2025,” harap Oka Darmawan.

KONI Bali sendiri lanjutnya, kini sudah melakukan persiapan matang secara step by step untuk mempersiapkan diri menghadapi PON yang akan dibuka pada 8 September 2024 mendatang. “KONI Bali telah melakukan persiapan secara matang semuanya baik yang sifatnya teknis maupun non teknis, sehingga dengan sisa waktu ini kami tetap kerja keras agar semuanya berjalan lancar saat menjelang sampai usai PON 2024 digelar,” tandasnya (ena/bfn)