Awas! Faktur Palsu Jebol Galian C di Karangasem

awas-faktur-palsu-jebol-galian-c-di-karangasem
Beredar Faktut Paslu Galian C

KARANGASEM,Balifactualnews.com—Badan Pengelolaan Keuangan dan Asset Daerah (BPKAD), Kabupaten Karangasem, Bali, tidak hanya dipusingkan dalam menangani ulah nakal sopir truk galian C yang sering ngeblong  (tidak mau bayar faktur dan berhenti di portal Red), juga dipusingkan dengan olah oknum memainkan faktur palsu  yang mulai menjebol kawasan galian galian C.

Temuan tujuh lembar factur palsu oleh petugas portal di wilayah Kecamatan Selat dan Rendang, mengindikasikan kuatnya permainan kotor itu terjadi. Kepala BPKAD, I Wayan Ardika, mengakui hal itu. Saat ini oknum tersebut masih dalam penyelidikan petugas.

“Petugas sedang melakukan penyelidikan terhadap oknum yang membuat faktur palsu itu. Sampai saat ini baru tujuh lembar yang berhasil ditemukan, kemungkinan di bawah  masih banyak lagi,” ucap Ardika.

Mengantisipasi  hal tersebut, pihaknya menginstruksikan kepada petugas portal untuk melakukan pengawasan secara ketat terhadap faktur yang disetorkan sopir truk galian C. Bukan itu saja, pihaknya juga mengimbau kepada para sopir untuk tidak melakukan perbuatan itu, karena faktur palsu yang dibawanya sangat gampak terdeksi oleh system.

Dia menjelaskan, membedakan faktur palsu dengan faktur galian C yang sah sangat gampang, karena system elektronik yang dimiliki sangat  mudah melacaknya.

“Factur palsu sangat gampang dideteksi. Bila carcode di cek dan tidak berbunyi setelah discan, menandakan  barcode yang ada di faktur itu sudah pernah digunakan,” terang Ardika.

Pengecekan tak cukup sampai disana. Tim (petugas) kata Ardika, juga melakukan penelitian lebih mendalam. Hasilnya ditemukan kertanya beda. Bukan itu saja, pinggiran yang kena sobek juga beda dan kondisi kertas jauh lebih tebal.

“Tujuh faktur palsu yang kami temukan, rata-rata dioperasikan sopir galian C pada malam hari, tujuannya untuk mencari kelengahan petugas. Astungkara, setelah dilakukan penyelidikan secara mendalam, saat ini sudah ditemukan lagi faktur palsu yang dioperasikan sopir galian C,” pungkas birokrat yang mantan Sekwan Karangasem itu. (tio/bfn)

Exit mobile version