Bali Dirugikan Pengurangan 2 Nomor Putri di Pra-PON Biliar

bali-dirugikan-pengurangan-2-nomor-putri-di-pra-pon-biliar
Sekum POBSI Bali, Willy Soedarno. Foto : bfn/ena
banner 120x600

DENPASAR, Balifactualnews.com – Adanya pengurangan dua nomor untuk pool putri pada pra-PON cabang olahraga (cabor) biliar pada Agustus nanti, direspon Pengrpov POBSI Bali sebagai hal yang merugikan. Pasalnya di nomor tersebut peluang Bali untuk meraih medali terbuka. Hanya saja di nomor apa pengurangan 2 nomor putri tersebut secara detil secara resmi masih ditunggu kepastiannya karena terkait dengan seleksi atlet penghuni pra-PON biliar Bali yang rencananya digelar pada Mei 2023 menatang.

Menurut Sekretaris Umum Pengprov POBSI Bali Willy Soedarno, pengurangan nomor tersebut sudah pasti tinggal menunggu rilis secara resmi dari pihak PB POBSI. Jika terjadi demikian maka POBSI Bali tidak bisa berbuat apa-apa sebab itu keputusan PB POBSI dan KONI Pusat.

“Bagi Bali ini merugikan karena pengalaman pada PON XX/2021 di Papua lalu, untuk double putri hanya diikuti 4 pasangan saja dan ketika dilakukan drawing pastinya medali perunggu minimal sudah ditangan. Dan Bali sendiri juga berpeluang bisa meraih medali seperti itu di PON XXI/2024 di Aceh maupun Sumatera Utara (Sumut),” kata Willy Soedarno di Denpasar, Minggu (19/2/2023).

Dirinya memprediksi jika benar, maka dua nomor yang bakal dihilangkan itu di double nomor 9 dan 10. Sedangkan untuk single putri akan tetap dipertandingkan seperti sebelum-sebelumnya. Meski demikian Willy enggan berspekulasi lebih jauh pengurangan nomor itu sendiri.

Lantas apakah karena juga pengalaman minimnya peserta double di nomor 9 dan 10 itu ? Ditegaskan pria yang juga mantan Wakil Ketua Umum Pengprov POBSI Bali itu,kemungkinan besar juga ada kaitan pertimbangan dengan dua provinsi tuan rumah yakni Aceh dan Sumut.

“Tuan rumah Aceh tidak memiliki atlet biliar putri sedangkan untuk Sumut pebiliar putrinya sangat sedikit. Saya juga tidak mau berspekulasi apakah itu dasarnya karena hal tersebut,” tandas Willy Soedarno. (ena/bfn)