Banteng Buleleng kian Gemuk di Legislatif

banner 120x600

________________________________________________________________________________

BULELENG – Partai Moncong Putih di Buleleng kian “gemuk” di posisi legislatif. Jika sebelumnya menempati 15 kursi di DPRD Buleleng, kini bertambah jadi 18 kursi. Sementara Partai Golkar 7 kursi, Hanura 6 kursi, Nasdem 5 kursi, Gerindra 4 kursi, Demokrat 3 kursi, PKB dan Perindo masing-masing 1 kursi.

Pergeseran jumlah Kursi di sejumlah dapil, membuat pertarungan kian sengit. Dapil 1 (Kecamatan Buleleng) yang sebelumnya 10 kursi menciut jadi 8 kursi. Tak pelak, pertarungan di dapil “kawah chandradimuka” ini cukup sengit. Sejumlah incumbent di dapil ini mampu bertahan seperti Ni Ketut Turkini (PDIP), Nyoman Wandira (Golkar) dan Wisnaya Wisna (Hanura). Namun ada juga incumbent yang terpental.

Selain itu, ada juga new commer di dapil panas ini. Caleg besutan Banteng, Made Soma Adnyana dari Desa Pengelatan ternyata mampu menggeser caleg Incumbent partai lain termasuk incumbent di kandang Banteng sendiri. Ketua DPC PDI Perjuangan Buleleng, Putu Agus Suradnyana mengatakan semuanya masih menunggu penghitungan dari KPU Buleleng.

“Kalau diprediksi yaa jumlah kursi bertambah, namun kita tetap menunggu hasil penghitungan dari KPU,” ucapnya.

Ketua DPRD Buleleng, Gede Supriatna yang nota bene Sekretaris DPC PDI Perjuangan Buleleng posisinya juga aman dalam pertarungan di dapil 3 Kecamatan Kubutambahan-Tejakula. Termasuk incumbent Made Masdana (Anok) dari PDIP juga mulus untuk dua periode.

Sementara itu, Partai Hanura masih stabil menjaga 6 kursi dengan mengamankan satu kursi di masing-masing dapil. Gerindra dan Demokrat yang cukup porak poranda dalam pileg kali ini. Gerindra hanya mampu menjaga 4 kursi sedangkan Demokrat terjun bebas menjadi 3 kursi.

Sementara Haji Mulyadi yang sebelumnya memakai PPP duduk di legislatif, kini juga berhasil melenggang dengan PKB untuk dapil 4 Gerokgak – Seririt. Di dapil 4 juga muncul new comer dari Perindo yang hanya meloloskan satu kursi kelegislatif. (sri)