Belasan Artis Pop Bali Meriahkan Festival Dewi Klungkung Culinary 

Belasan artis Bali siap meriahkan Dewi Klungkung Culinary
banner 120x600

KLUNGKUNG, Balifactualnews.com – Belasan Artis Bali papan atas akan memeriahkan event Dewi (Desa Wisata) Klungkung Culinary 2022 yang digagas Forum Komunikasi Desa Wisata Kabupaten Klungkung (Forkom Dewi Klungkung).  Kegiatan tersebut digelar  selama tiga hari di Pantai Tegal Besar, Desa Negari, Kecamatan Banjarangkan, dimulai Jumat (26/8/2022) dan berakhir Minggu (28/8/2022).

Belasan artis Bali yang terlibat memerihkan festival  itu, yakni, Bagus Wirata, Dewi Pradewi, [XXX] Band, Gede Bagus, Bayu KW, Dek Arya, Alin Dukuh, Eka Jaya, Gek Diah, D’Go Vasva Tison, dan pelawak Dogler & Denok.   Selain itu, event Klungkung Dewi Culinary 2022 ini juga menampilkan sesi Cooking Demo dari chef chef terkenal seperti Chef Hendra Mahina, Chef Agus Marta, Chef Agung Samudra, Chef Eka Saputra, Chef Adi Yuliawan, Chef Hovit Yusmanjia. Ada juga Barista Demo, Flairing & Juggling by Ngurah Aditya.

Festival yang memperkenalkan dan menyuguhkan sajian kuliner khas desa wisata dan UMKM yang ada di Bumi Serombotan ini  baru pertami kali di gelar. Rencananya akan di buka Bupati Klungkung I Nyoman Suwitra. Terhitung ada 16 Pokdarwis (Kelompok Sadar Wisata) terlibat dalam festival yang diberi tajuk ‘Tegalsari Negari – Energy of the Sea’ itu. Pokdarwis masing-masing desa wisata di wilayah Klungkung ini  akan diberikan stand  untuk memperkenalkan kuliner khasnya beserta produk-produk UMKM-nya.

Ketua Panitia Dewi Klungkung Culinary, I Gusti Ngurah Murthana, mengungkapkan, titel kuliner menjadi suguhan utama pada festival kali ini, karena setiap desa di Klungkung dipastikan memiliki budaya kuliner yang unik yang bisa menjadi sebuah daya tarik wisata. “UMKM kuliner itu paling banyak jumlahnya di setiap desa wisata, sehingga potensinya paling besar,” ungkap pria kerap disapa Rahman ini.

Kendati mengedepankan produk kuliner, kata Rahman, panitia juga membuka partisipasi dari pelaku UMKM selain makanan. Selain pelaku UMKM dari Pokdarwis, masyarakat sekitar juga diberi kesempatan untuk berpartisipasi. Sehingga festival  yang digelar bisa memberikan dampak yang lebih luas terhadap perputaran ekonomi masyarakat.  “Kami juga membukanya  untuk masyarakat lokal yang punya usaha (warung),” ucapnya.

Menghindari hal yang tidak diinginkan, Rahman mengungkapkan seluruh menu yang disajikan akan mendapat kurasi (uji) dari panitia sehingga setiap makanan telah layak dan aman untuk dikonsumsi. Dia berharap festival ini bisa menjadi agenda rutin pemerintah daerah, sehingga desa wisata di Kabupaten Klungkung bisa semakin maju dan bersaing dengan desa wisata lainnya. “Kami berharap festival ini bisa memberi semangat desa wisata di Klungkung untuk bisa semakin maju dan bisa bersaing,” harapnya.

Ketua Forum Komunikasi Desa Wisata Kabupaten Klungkung, I Wayan Malendra, mengungkapkan,  melalui daya tarik kuliner masing-masing desa wisata diharapkan menjadi awal masyarakat untuk lebih mengenal desa wisata di Kabupaten Klungkung.  “Kuliner ini menjadi media untuk mendatangkan orang dan mengenal potensi yang ada di masing-masing desa wisata . Dari pengenalan kuliner ini nantinya akan mengarah pada pengenalan potensi alam, sosial budaya, dan UMKM,” ujar pria asal Desa Bakas, Kecamatan Banjarangkan.

Perbekel Desa Negari I Gusti Bagus Mahendra, sangat mengapresiasi  festival kuliner tersebut dan meyakini akan mampu membangkitkan perekonomian masyarakat.  “Ini event yang sangat luar biasa. selain akan mengangkat nama Desa Negari, juga akan mengangkat nama Kabupaten Klungkung secara keseluruhan,” tandasnya. (dib/tio/bfn)