Beragam Inovasi Dana Dipa Mempermudah Pelayanan Administrasi Kependudukan

beragam-inovasi-dana-dipa-mempermudah-pelayanan-administrasi-kependudukan
Dana Dipa
banner 120x600

KARANGASEM, Balifactualnews.com — Berbagai terobosan terus dilakukan pemerintahan Karangasem dibawah kepemimpinan Dana Dipa, salah satunya adalah pelayanan publik yang dilakukan Pemkab Karangasem dalam dua tahun terakhir juga berhasil dan benar benar langsung menyentuh ke masyarakat.

Pelayanan publik administrasi kependudukan misalnya. Program ini dinilai sangat penting guna meningkatkan tertib administrasi untuk masyarakat Karangasem. Peluncuran diawali dari program Jana Kerthi, berupa pengurusan administrasi kependudukan tuntas di desa. Program ini mencakup akta kelahiran, perkawinan, perceraian, surat pindah, KTP dan Kartu Identitas Anak (KIA).

“Untuk lebih memudahkan masayarakat dan agar masyarakat tidak terbebani, semua pelayanan ini wajib tuntas di tingkat desa. Setahun berjalan, program ini sangat bagus dan masyarakat semakin sadar akan pentingnya untuk tertib dalam hal administrasi,” ucap Gede Dana, Minggu (26/2/2023) di Gedung Mall pelayanan publik Amlapura.

Gede Dana bersama Artha Dipa juga meluncurkan program Atma Kerthi. Program ini berupa pemberian penghargaan kepada warga yang mengurus akta kematian keluarganya yang telah meninggal. Sejak program ini diluncurkan oleh Bupati Karangasem, I Gede Dana, tercatat ada sebanyak 384 orang warga yang telah mengaksesnya, dimana dari jumlah tersebut 247 permohonan diantaranya telah cair. Dimana penghargaan yang diberikan sebesar Rp 2 Juta.

“Program Atma Kerthi ini sangat penting, karena berdampak secara langsung terhadap kemajuan update data administrasi kependudukan, utamanya dalam hal bantuan sosial dan Universal Health Coverage (UHC) BPJS Kesehatan,” ucao Gede Dana.

Selanjutnya Dana Dipa juga mnelorkan program Beladana. Program ini berupa pemberian akta kelahiran kepada anak yang baru lahir, bekerjasama dengan rumah sakit yang ada di Karangasem. Selain itu juga ada program Inovasi Sidana (Siap datang melayani anda), yakni layanan langsung kerumah untuk membantu pengurusan administrasi kependudukan bagi penyandang disabilitas, lansia, ODGJ dan masyarakat miskin yang belum memiliki KTP.

Program lainnya yakni, inovasi Bhisma Dana, pelayanan administrasi kependudukan ke desa dengan mobil keliling dengan sistem jemput bola, serta Inovasi Prakerthi Yowana, program pelayanan perekaman KTP elektronik untuk siswa yang berumur 17 tahun, dengan menyasar siswa SMA di sekolah sekolah.

“Semua inovasi pelayanan administrasi kependudukan telah kami luncurkan sejak Maret 2022 . Program inovasi ini juga dilengkapi dengan peluncuran pelayanan cetak rekam KTP dan KIA di Kecamatan. Pelayanan administrasi kependudukan tidak hanya dilaksanakan di Kabupaten atau di Mall Pelayanan Publik (MPP), pelayanan cetak rekam KTP dan KIA saat ini sudah bisa dilaksanakan di masing-masing kecamatan di Karangasem,yang mana program ini  dapat menghemat biaya transport dan waktu yang digunakan untuk datang ke MPP. Inovasi-inovasi yang kami jalankan ini bertujuan untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat dalam pengurusan dokumen administrasi kependudukan” Terang Gede Dana. (ger/bfn)