Berikan Ruang Kreativitas Yowana, Karangasem Kembali Gelar Lomba Ogoh-ogoh

berikan-ruang-kreativitas-yowana-karangasem-kembali-gelar-lomba-ogoh-ogoh
Kepala Dinas Pariwisata dan Kebuadayaan Karangasem, I Wayan Astika.
banner 120x600

KARANGASEM, Balifactualnews.com—Pemerintah Kabupaten Karangasem melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) kembali menggelar lomba ogoh-ogoh. Lomba yang akan dilaksanakan bulan Maret itu diharapkan mampu memberikan ruang kreativitas seni bagi para pemuda atau yowana di bumi lahar.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Karangasem Wayan Astika, mengungkapkan, pendaftaran lomba ogoh-ogoh dilaksanakan mulai mula 4 Februari dan berakhir 22 Februari mendatang.

“Sejatinya lomba ogoh-ogoh diselenggarakan Pemerintah Provinsi Bali. Namun kami di daerah memfasilitasi lomba mulai dari tingkat kecamatan dan kabupaten, termasuk memfasilitasi pendaftaran dan penjurian nanti,” kata Astika, Senin (30/1/2023).

Lomba ogoh-ogoh untuk memeriahkan perayaan Hari Suci Nyepi tahun saka 1945 itu, kata Astika, kriterianya tinggi minimal 3 meter dan maksimal 5 meter, bahan-bahan yang digunakan harus ramah lingkungan dan tidak boleh menggunakan styrofoam, spon, dan plastik sekali pakai.

“Bentuk ogoh-ogoh bercirikan tradisi Hindu Bali dengan tidak menampilkan unsur politik, SARA, dan pornografi,” pungkasnya. Astika. (tio/bfn)