Beringin Tumbang di Batusesa, Pj Bupati Sarinah Langsung Turun Cek Evakuasi

banner 120x600
Pj Bupati Karangasem I Wayan Sarinah saat ikut mendampingi Tim BPBD Karangasem melakukan evakuasi pohon beringin tumbang di Batusesa,  Banjar Rendang Tengah, Desa/Kecamatan Rendang, Sabtu  (10/10/20)

KARANGASEM, Balifactualnews,com—Hujan lebat yang mengguyur sebagian wilayah Karangasem, Jumat (9/10/20) malam, memunculkan tanah longsor dan pohon tumbang. Di wilayah Kecamatan Rendang,  tepatnya di Banjar Rendang Tengah, Desa Rendang sebuah pohon beringin berdiameter besar tumbang melintangi ruas jalan Batusesa-Rendang. Kondisi tersebut sempat  “mengunci” arus lalulintas, karena badan jalan ditutup pohon beringin yang tumbang.

Mendapatkan laporan pohon tumbang dan sempat  membuat krodit arus lalu litas di  jalur Batusesa-Rendang, Pj Bupati Karangasem I Wayan Sarinah, langsung turun dan terlibat melakukan evakuasi  dengan petugas BPBD Karangasem dan intasi terkait lainnya.

Kepala Pelaksana BPBD Karangasem, Ida Bagus Ketut Arimbawa, mengatakan, pohon tumbang terjadi pukul 23.00 Wita, itu dipicu hujan deras. Karena saat kejadian di lokasi di guyur hujan lebat. Arimbawa mengatakan, mengingat kejadian terlalu malam ditambah hujan lebat, maka penanganan saat itu belum bisa dilakukan. Dan evakuasi dilanjutkan pagi ini. “Evakuasi akan dilakukan hari ini. Untuk kendaraan yang hendak melintas, sementara ini supaya mencari jalan alternatif lain, yakni lewat Batusesa,” Jelasnya.

Dipihak lain, PJ Bupati Karangasem I Wayan Sarinah, menghimbau, agar masyarakat Karangasem bisa  meningkatkan kewaspadaan  dalam menghadapi musim penghujan seperti saat ini.

“Musim hujan sudah tiba, masyarakat khususnya yang bermukim di aliran sungai yang berhulu Gunung Agung  dan yang  bermukim di lahan dengan kontur tanah yang labil harus semakin meningkatkan kewaspadaan,” ucapnya.

Pada kesempatan itu, Sarinah sangat mengapresiasi kinerja BPBD Karangasem dalam mengevakuasi pohon tumbang tersebut. Kendati demikian, terkait  curah hujan yang semakin tinggi, pihaknya juga meminta BPBD Karangasem untuk lebih meningkatkan antisipasi  dan menggencarkan himbauan kepada masyarakat agar lebih meningkatkan waspadaan.

“Saya amati kinerja BPBD   dalam menangani bencana sudah sangat bagus, dan ini harus tetap dipertahannya,” pungkasnya. (ger/tio/bfn)