Bersama Forkopimda, Bupati Karangasem I Gede Dana Lepas Gerak Jalan Tingkat SMP

bersama-forkopimda-bupati-karangasem-i-gede-dana-lepas-gerak-jalan-tingkat-smp
Foto: Bupati Karangasem bersama forkopimda melepas lomba gerak jalan tingkat SD.

KARANGASEM, Balifactualnews.com – Memeriahkan HUT Republik Indonesia Ke- 78 Tahun 2023, Pemerintah Kabupaten Karangasem kembali menyelenggarakan lomba gerak jalan, diantaranya, gerak jalan SD tanggal 7 Agustus, gerak jalan tingkat SMP tanggal 8 Agustus, gerak jalan SMA 9 Agustus, gerak jalan 17 kilometer tanggal 10 Agustus dan gerak jalan 45 kilometer 15 Agustus 2023 mendatang.

Bupati Karangasem I Gede Dana, bersama anggota Forkopimda Karangasem, Selasa (8/8), melepas lomba gerak jalan tingkat SMP, di Lapangan Taman Budaya Candra Buana. Sebelumnya lomba gerak jalan tingkat SD telah berlangsung pada Hari Senin Tanggal 7 Agustus 2023, dimana untuk tingkat SD diikuti sebanyak 106 regu, terdiri dari 56 regu putra dan 50 regu putri. Untuk tingkat SD gerak jalan mengambil rute start di Taman Budaya Chandra Buana, Amlapura melintasi Jalan Letda Bajra, Ngurah Rai, Kartini, Sultan Agung, Gajah Mada, Ksatrian Bhayangkara, Gatot Subroto, Teuku Umar, hingga ke Jalan Patih Jelantik sebelum kemudian finish kembali lagi di lapangan Taman Budaya Candra Buana.

Sedangkan gerak jalan tingkat SMP diikuti 61 regu yang terdiri dari 32 regu gerak jalan putra dan 29 regu putri. Gerak jalan tingkat SMA diikuti 46 regu, terdiri dari 25 regu putra dan 21 regu putri. Sementara untuk gerak jalan indah putri diikuti oleh 20 regu. Gerak jalan putra 17 kilometer diikuti 27 regu dan gerak jalan 45 kilometer diikuti oleh 30 regu.

Bupati Karangasem, I Gede Dana dalam kesempatan tersebut menyampaikan, kegiatan lomba kerak jalan ini rutin dilaksanakan setiap tahunnya dalam memeriahkan HUT RI. “Kegiatan lomba gerak jalan ini rutin diselenggarakan untuk memperingati hari kemerdekaan. Kegiatan ini sempat tidak dilaksanakan karena pandemi Covid-19. Kegiatan tahun ini merupakan penyelenggaraan kedua setelah pandemi,” kata Gede Dana.

Dengan lomba gerak jalan ini diharapkan akan semakin memupuk semangat nasionalisme dan semakin mencintai Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Dalam setiap perayaan HUT Kemerdekaan RI, lomba gerak jalan menjadi kegiatan yang paling banyak mengundang perhatian dan antusias dari masyarakat. Dimana dalam setiap penyelenggaraannya, masyarakat akan memenuhi sepanjang rute yang dilewati oleh regu gerak jalan untuk menyaksikan kreasi derap dan langkah regu peserta gerak jalan.

“Lomba gerak jalan umum dan lomba gerak jalan 45 kilometer yang paling diminati dan paling banyak mendapatkan respon masyarakat. Saat penademi lomba gerak jalan 45 sempat ditiadakan dan tahun ini kembali kami bangkitkan lagi,” sebut Gede Dana.

Selain lomba gerak jalan 45 kilometer, kata Gede Dana, kegiatan fun bike 45 kilometer dalam memperingati HUT ke 78 Kemerdekaan RI juga sangat diminati masyarakat. “Pendaftaran fun bike 45 kilometer dilakukan secara online. Sampai saat ini peserta yang sudah mendaftar berjumlah 167 peserta,” tandas Gede Dana. (tio/bfn)

Exit mobile version