Bersamaan Tahapan Pemilu, Tiga Desa di Karangasem Tunda Pilkel

bersamaan-tahapan-pemilu-tiga-desa-di-karangasem-tunda-pilkel
Foto: Kabid Pemerintahan Desa, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Karangasem, I Gede Kaneka Setiawan.
banner 120x600

KARANGASEM, Balifactualnews.com—Tahapan Pemilu 2024 yang sudah dimulai membuat tiga desa di Kabupaten Karangasem menunda pelaksanaan Pemilihan Perbekel (Pilkel).

Tiga desa yang menunda pelaksanaan Pilkades tersebut, yakni Desa Pempatan di Kecamatan Rendang. Desa Abang, Kecamatan Abang dan Desa Tianyar Tengah, Kecamatan Kubu. Sekadar diketahui masa jabatan Perbekel di tiga desa itu berakhir tanggal 20 Januari 2024 mendatang. Sesuai jadwal pencoblosan Pilkel seharusnya dilaksanakan Desember tahun ini (2023).

Kabid Pemerintahan Desa, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Karangasem, I Gede Kaneka Setiawan, membenarkan penundaan Pilkel di tiga desa tersebut. “Penundaan kami lakukan karena ada Surat Edaran dari Kementerian Dalam Negeri (Mendagri) yang tak memperbolehkan adanya Pilkel akhir Tahun 2023,” ucap Kaneka, Senin (26/6).

Memasuki tahapan Pemilu 2024, kata Kaneka, Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah sedang fokus pada pemilihan serentak meliputi Pileg, Pilpres, berserta Pilkada.

“Mengacu Surat Edaran Kemendagri, pelaksanaan Pilkel di tiga desa diundur untuk sementara dan akan dilaksanakan Tahun 2025 bersamaan dengan 21 desa yang jabatannya berakhir Januari 2026,” jelasnya
Dijelaskan, Pilkel tiga desa yang ditunda sejatinya sudah disiapkan anggaran sebesar Rp 250 juta. Kaneka juga mengakui akan ada kekosongan jabatan perbekel.

“Kekosongan jabatan perbekel di tiga desa ini akan ditunjuk kalangan PNS di Pemkab Karangasem yang mempunyai pengalaman serta kemampuan di bidang kepemimpinan dan pemerintahan,” ungkapnya.

Sementara itu, 21 Desa yang menggelar Pilkades 2025 tersebar di enam kecamatan. Desa-desa yang akan melaksanakan Pilkel, diantaranya, lima desa di Kecamatan Bebandem, yakni Desa Bebandem, Bungaya, Budakeling, Sibetan, dan Bhuana Giri. Empat desa di Kecamatan Selat, yakni Desa Peringsari, Selat, Duda Utara, dan Muncan. Dua Desa di Kecamatan Kubu, yakni Desa Ban dan Tulamben.

Sedangkan Desa Ulakan, terdapat dua desa yang akan melaksanakan Pilkel. Kedua desa itu, yakni, Desa Desa Ulakan dan Desa Tenganan. Di Kecamatan Sidemen, Desa Telaga Tawang. Kecamatan Karangasem ada satu desa yang melaksanakan Pilkel, yakni Desa Seraya Barat. Kecamatan Abang terdapat dua yang melaksanakan Pilkel, yakni Desa Bunutan dan Desa Tribuana. Kecamatan Rendang ada empat yang melaksanakan Pilkel, yakni Desa Besakih, Nongan, Pesaban, dan Rendang. (tio/bfn)