Bersinergi Dengan Babinsa, Bhabinkamtibmas Desa Talibeng Sambangi Peternak Sapi Cegah PMK

bersinergi-dengan-babinsa-bhabinkamtibmas-desa-talibeng-sambangi-peternak-sapi-cegah-pmk
banner 120x600

KARANGASEM, Balifactualnews.com – Bhabinkamtibmas Desa Talibeng Aipda I Made Sumberdana bersama Babinsa Kopda I Dewa Gede Eka Dwipayana melaksanakan pemantauan terhadap hewan ternak milik warga masyarakat Desa Talibeng. Rabu(06/07/2022).

Kegiatan sambang dan pemantauan hewan ternak milik warga menindak lanjuti Surat Edaran Kepala BNPB no 02/2022 tentang protokol Kesehatan Pengendalian Penyakit Mulut dan Kuku. Dalam sambang tersebut Bhabinkamtibmas melaksanakan pemantauan hewan ternak sapi milik I Nyoman Sutama di Dusun Talibeng Desa Talibeng, Kecamatan Sidemen, Karangasem dengan memelihara sebanyak 3 ekor sapi. Dalam pantauan terlihat ketiga ekor sapi tersebut dalam keadaan sehat, tidak ada gejala penyakit mulut dan kuku.

Pada kesempatan tersebut Bhabinkamtibmas memberikan himbauan kepada pemilik ternak Sapi, I Nyoman Sutama, untuk selalu memperhatikan kesehatan ternaknya serta menjaga kebersihan kandang sebagai langkah antisipasi merebaknya penyakit PMK pada ternak peliharaannya. Mengenali gejala dan ciri-ciri PMK, untuk lebih mudah apabila ternak ada gejala kurang sehat agar segera melaporkan kepada dokter hewan atau Kepala Dusun untuk mendapatkan perawatan antisipasi penyebaran PMK.

“Dalam sambang ini kami baik Bhabinkamtibmas maupun Babinsa bersinergi bersama warga menghimbau para peternak Sapi atau babi untuk tidak resah menyikapi adanya virus PMK,” ucap Aipda I Made Sumberdana.(plk/bfn)