BPBD Karangasem Distribusikan Air Bersih untuk 50 KK di Manggis

bpbd-karangasem-distribusikan-air-bersih-untuk-50-kk-di-manggis
BPBD Karangasem saat mensuplai air bersih ke Desa Ulakan, Kecamatan Manggis, Kabupaten Karangasem Jumat (14/6/2024)
banner 120x600

KARANGASEM, Balifactualnews.com – BPBD Karangasem mendistribusikan air bersih kepada 50 kepala keluarga (KK) di wilayah Desa Ulakan, Kecamatan Manggis, Kabupaten Karangasem. Distribusi air bersih yang dilakukan itu karena sumber air yang selama ini mereka manfaatkan airnya bercampur lumpur, pasca banjir bandang  yang melanda wilayah tersebut beberapa hari yang lalu.

Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Kabupaten Karangasem Ida Bagus Ketut Arimbawa mengatakan, pendistribusian air tersebut d berdasarkan permintaan dari masyarakat yang  akan digunakan untuk kebutuhan sehari-hari seperti memasak, mandi dan sebagainya.

“Untuk 50 kk di desa Ulakan itu, kita sudah mendistribusian air kita  sejak kemarin sebanyak 5.000 liter dan hari ini kita lanjutkan dengan mndistribusian sebanyak 5.000 liter lagi,” kata Arimbawa, Jumat (14/6).

Ia mengaku, selama ini masyarakat yang ada di wilayah tersebut memanfaatkan air sumur untuk kebutuhan sehari-hari. Namun semenjak hujan deras yang melanda Karangasem beberapa hari yang lalu sebagian besar sumber mata air yang ada di wilayah tersebut tercampur lumpur. Sehingga tidak bisa digunakan untuk sementara waktu.

Pihaknya kata Arimbawa sudah mendatangi lokasi dimaksud untuk melakukan pengecekan dan nyatanya sumber air yang mereka manfaatkan keruh karena bercampur lumpur.

“Airnya cukup keruh. Kami sudah berkoordinasi dengan PMI dan Dinas Sosial untuk mensuplai air bersih ke wilayah tersebut selama sumber air belum bisa mereka gunakan,”imbuhnya.

Untuk wilayah Desa Ulakan tahun ini baru pertama kali dilakukan pendistribusian air, itupun karena sumber mata air tercemar bukan karena kekeringan. (ger/bfn)