Bupati Gede Dana Sambangi Aktifitas Portal Pengawasan, Puji Sopir Truk Taat Pajak MBLB

bupati-gede-dana-sambangi-aktifitas-portal-pengawasan-puji-sopir-truk-taat-pajak-mblb
Bupati Gede Dana saat berbincang dengan sopir truk pengangkut galian C
banner 120x600

KARANGASEM, Balifactualnews.com – Bupati Karangasem I Gede Dana meyampaikan terimakasih kepada para sopir truk yang sudah ikut dan taat aturan dengan mengambil dan membayar faktur pajak MBLB. Hal itu disampaikannya saat menyambangi Portal pengawasan dan pemeriksaan Faktur Pajak yang berada di Banjar Dinas Uma Anyar, Desa Ababi, Kecamatan Abang, Karangasem pada Selasa (27/12/2022).

Selain itu Gede Dana juga turun untuk memastikan kondisi infrastruktur jalan yang ada di Kabupaten Karangasem.

“Kami selaku Pemerintah Daerah tentu sangat mengapresiasi dan berterimakasih atas ketaatan pengusaha Galian C maupun para sopir truk yang membeli material, dalam memenuhi kewajibannya membayar faktur Pajak MBLB,” ucap Gede Dana.

Dari perbincangan itu, Bupati akhirnya memahami jika perbaikan dan kondisi infrastruktur jalan sangat mempengaruhi kenaikkan PAD di sektor Galian C. Dimana jalan yang bagus dan rata serta aman, akan menarik para sopir untuk mengambil atau membeli material Galian C di Uma Anyar dan di Butus, utamanya di lokasi usaha galian C berizin.

“Kami melihat perbaikan infrastruktur jalan yang telah dilakukan, berdampak positif bagi peningkatan jumlah truk Galian C yang membeli pasir di lokasi ini, karena mereka merasa lebih aman dan waktu tempuh mereka juga lebih cepat. Jadi dari awalanya hanya satu rit perhari, karena jalannya bagus dan aman mereka sehari bisa sampai dua rit,” beber Gede Dana.

Sementara dari penjelasan dan data petugas Portal, pasca dilakukannya perbaikkan ruas jalan, untuk pemasukan daerah dari galian C di Uma Anyar saat ini mengalami peningkatan hingga 150 persen dari bulan-bulan sebelumnya.

Dikonfirmasi terpisah, Kepala BPKAD Karangasem, I Wayan Ardika menyampaikan terkait peningkatan PAD di sektor pajak MBLB, “Untuk target PAD kita Tahun 2022 ini sebesar Rp. 87.5 Milyar, namun saat ini target sudah terlampoi dimana hingga Desember 2022 ini total PAD dari pajak MBLB sudah mencapai Rp. 95.1 Milyar,” ucap I Wayan Ardika.

“Pengetatan pengawasan serta perbaikan infrastruktur jalan yang telah dilaksanakan oleh Bapak Bupati menjadi pemicu peningkatan PAD dari sektor pajak MBLB,” imbuhnya. (ger/bfn)