Bupati Suwirta Launching Aplikasi Bank Sampah Guna Bangsa di Desa Gunaksa

Bupati Suwirta Launching Aplikasi Bank Sampah Guna Bangsa di Desa Gunaksa
banner 120x600

SEMARAPURA, Balifactualnews.com – Permasalahan sampah khususnya di Desa harus ditangani bersama dengan berperilaku yang santun dan inovatif. Hal tersebut disampaikan Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta saat melaunching Aplikasi Bank Sampah Guna Bangsa di Lapangan Kantor Perbekel Desa Gunaksa, Kecamatan Dawan, Kabupaten Klungkung, Senin (28/11). Aplikasi Bank Sampah Guna Bangsa ini merupakan sebuah aplikasi bank sampah untuk mengoptimalkan pengelolaan sampah non organik dari hulu hingga hilir.

Bupati Suwirta juga sangat menyambut baik dan mendukung program ini. Terkait pengunaan aplikasi ini sehebat-hebatnya sistem digitalisasi itu kunci utama keberhasilan adalah sumber daya manusia. Hal yang terpenting perubahan perilaku dan pola pikir masyarakat agar menyadari betapa pentingnya menjaga kebersihan lingkungan itu harus dilakukan dengan sebaik-baiknya.

“Manfaatkan program aplikasi bank sampah ini dengan sebaik-baiknya agar Desa Gunaksa bisa terhindar dari sampah plastik dan sampah organik,” pinta Bupati Suwirta kepada masyarakat.

Selain itu, Bupati Suwirta juga berharap masyarakat agar bisa melaksanakan pemilahan sampah dari rumah/tempat usaha. Program TOSS Desa juga harus didukung dengan niat yang tulus. “Masalah sampah ini harus kita tangani bersama, agar nantinya suasana bersih, indah, nyaman dan sejuk selalu tercipta di Kabupaten Klungkung,” harap Bupati Suwirta.

Ketua LPPM Unud Prof. Nyoman Suarsana menyampaikan program ini merupakan aplikasi bank sampah untuk mengoptimalkan pengelolaan sampah non organik. Kegiatan ini juga difokuskan kepada penanganan sampah dari hulu sampai hilir. Sementara kegiatan ini diselenggarakan oleh Universitas Udayana Program Studi Teknik Mesin Fakultas Teknik Mesin yang saat ini sedang melaksanakan kegiatan KKN di Desa Gunaksa. “Mudah-mudahan kegiatan ini bisa diikuti dan dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat sehingga nantinya Desa Gunaksa bisa terhindar dari permasalahan sampah,” ucapnya. (Roni/bfn)