Bupati Suwirta Serahkan BPJS Ketenagakerjaan Kepada Pekerja Informal Klungkung, ajak Masyarakat ikut BPJAMSOSTEK

banner 120x600
SEMARAPURA, Balifactualnews.com – Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta didampingi Kepala Dinas Ketenagakerjaan Kabupaten Klungkung, I Wayan Sumarta, Kadis Koperasi Usaha Kecil dan Menengah, Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Klungkung, I Wayan Ardiasa menghadiri Penyerahan CSR Untuk Program Perlindungan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan Kepada Pekerja Informal Kabupaten Klungkung di Wantilan Pura Jagatnatha, Selasa (22/11)
Bupati Suwirta mengatakan Program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan merupakan salah satu bentuk perlindungan terhadap tenaga kerja. Peran serta tenaga kerja dalam pembangunan yang terus meningkat, mendorong pemerintah untuk memberikan perlindungan, pemeliharaan dan peningkatan kesejahteraan, yang nantinya berimbas pada peningkatan produktivitas nasional.
Bupati Suwirta juga mengajak masyarakat klungkung yang belum tergabung dalam BPJS Ketenagakerjaan untuk ikut serta sebagai peserta.
“Dengan terdaftar sebagai peserta program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan, pekerja tidak lagi menanggung beban atas risiko kerja tersebut seorang diri tetapi akan dibantu oleh program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan ini,” ujar Bupati Suwirta
Asisten Deputi Bidang Kepesertaan Wilayah Banuspa, Armada Kaban mengatakan, BPJS Ketenagakerjaan memberikan Perlindungan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan Kepada 5.884 Masyarakat di Kabupaten Klungkung  melalui Program GN Lingkaran (Gerakan Nasional Peduli Perlindungan Pekerja Rentan).
Adapun Rincian Tenagakerja yang di Lindungi adalah Pedagang 4.927, Peternak 703, Pengrajin 188, Tukang Jahit 66, Total 5.884. “Perlindungan berupa Jaminan Kecelakaan Kerja dan Jaminan Kematian selama 1 Bulan dari tanggal 11 November 2022 sampai dengan 10 Desember 2022.
” Apabila setelah tanggal 10 Desember 2022 Masyarakat masih ingin di lindungi BPJS Ketenagakerjaan, cukup membayar dengan Rp. 16.800 Apabila Tidak dibayarkan, akan non aktif dan tidak akan terlindungi serta tidak ada tunggakan,” jelas Armada Kaban
Lebih lanjut dijelaskan, manfaat dari Jaminan Kecelakaan Kerja  Biaya Rumah sakit, Tidak ada batasn (unlimited), Santunan Cacat Santunan Sementara Tidak Mampu Bekerja Santunan Meninggal Karena Kecelakaan Kerja 70 Juta Rupiah, Beasiswa 2 Orang anak dari jenjang TK sampai Kuliah maks 174 Juta Rupiah dan Manfaat dari Jaminan Kematian, Santunan dengan Total 42 Juta Rupiah Beasiswa 2 Orang anak dari jenjang TK sampai Kuliah maks 174 Juta Rupiah. (Roni/bfn)