Cetak SDM Unggul, Disdikpora Karangasem harus Fokus Kelola Pendidikan

banner 120x600
Bupati I Gede Dana memberi semangat  duta Karangasem yang ikut dalam Kompetisi Sains  Terpadu  tingkat SMP  ke-7 se-Bali

KARANGASEM,Balifactuanews.com — Kabupaten Karangasem dibawah kepemimpinan Bupati I Gede Dana, terus berupaya untuk bisa mencetak sumber daya manusia (SDM) yang unggul di segala bidang, dalam menghadapi era globalisasi. Memenuhi obsesinya itu, Bupati menginstruksikan agar Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga bisa lebih serius dan fokus dalam mengelola pendidikan.

Penegasan itu disampaikan Bupati saat membuka saat membuka kegiatan Kompetisi Sains Terpadu (KST) ke-7 se-Bali, di Aula Sabha Widya Praja Disdikpora Karangasem, Sabtu, 29 Mei 2021

“Saya ingin Disdikpora bisa bekerja lebih serius dan fokus. Agar prioritas utama pemerintah daerah dalam membangun SDM yang unggul dalam era globalisasi dapat sepenuhnya tercapai,” tegas Bupati.

Bidang pendidikan, kata Gede Dana, menjadi program prioritas dalam pembangunan Karangasem menuju Karangasem Era Baru. Program unggulan ini menjadi landasan agar sektor pendidikan mampu kompetitif, di tengah persaingan yang semakin ketat.

“Mencapai hal ini, Disdikpora harus mampu berinovasi guna menunjang mutu pendidikan yang ada. KST tidak hanya sebagai ajang membuktikan prestasi, tapi dapat dijadikan momentum untuk membentuk diri. Sehingga dapat memajukan pendidikan di Karangasem,” tegasnya.

Pandemi Covid-19, kata Gede Dana, menjadi pengalaman yang sangat bersejarah dalam tata kelola pendidikan. Banyak hal baru yang dapat dipetik dalam menggerakkan sektor pendidikan dalam situasi sulit seperti sekarang. Salah satunya gerak cepat Disdikpora dalam melakukan sistem pembelajaran dengan metode daring.

“Disdikpora harus mampu melakukan penyesuaian-penyesuaian ini lebih cepat, sejalan dengan tuntutan zaman. Belajar dengan metode virtual memang memiliki sejumlah kelemahan, salah satunya nilai kejujuran kepada siswa dan ini harus secepatnya bisa diatasi,” katanya.

Sementara itu, KST ke-7 Provinsi Bali , melibatkan 194 pelajar dari 6 kabupaten/kota. Selain Karangasem, siswa SMP yang ikut dalam KST tahun ini, yakni Jembrana, Buleleng, Klungkung, Gianyar dan Kota Denpasar. (ger/bfn)