Cuek Diganggu Wisatawan

banner 120x600

Foto guide cantik mengaku kerap di godan wisman (foto tra)

KERJA sebagai Guide bagi wanita tidaklah mudah. Banyak godaan yang dialami di lapangan. Diantaranya dari para wisatawan laki laki yang selama ini ditangani. Hal ini di benarkan guide cantik asal Rendang Ni Nengah Sudarmi 33. Sudarmi mengakui banyak wisatawan iseng yang menggodanya. Hanya saja dia tidak menanggapinya. Hanya saja godaan yang dialami masih wajar wajar saja.

“Kalau yang suka menggoda itu wisatawan lokal, sementara wisatawan asing tidak ada,” ujar ibu satu anak tersebut.

Sikap ramah dan super dalam bergaul terkadang membuat orang lain tergoda untuk mengganggunya. Padahal sebagai guide sikap seperti itu wajib dilakukan karena bagian dari pelayanan kepada wisatawan.

Dia mengakui menekuni dunia pariwisata ini cukup lama. pernah juga bekerja di rafting. Selaian iu dirinya juga sempat mengajar sebagai guru kontrak. Hanya pekerjaan tersebut diakui kurang menatang. “Saya dapat tawaran dari teman…langsung saya terima dan ketagihan,” ujarnya. saat ini dia juga sudah bergabung dengan organisasi guide Gopala. Untungnya selama ini sang suami yang juga Perbekel Rendang sangat mendukung.

“Saya memang hoby bepergian,” tambahnya disela sela mengantar wisatawan asal Jatim saat berkunjung ke Duda Timur, Selat, Karangasem.

Wanita 33 tahun ini mengaku awalnya dia mengantar tamu Korea. Unutk itu dia juga menguasai bahasa Korea dan juga bahasa Inggris. Namun belakangan ini beralih ke guide domestic.

“Harus pintar pintar bawa diri, karena kerja juga tidak kenal waktu atau am kerja.” Bebernya. Terkadang cepak namun tetap dilakukan karena sebuah tanggung jawab profesi.

Sementara untuk kunjungan wisatawan bisanya mulai rame pada bulan april. “Korea april biasanya sudah masuk,” ujarnya. ini biasanya terjadi sampai bulan Nopember. Sebagai guide dirinya juga harus banyak wawasan dan belajar mengenai budaya. Karena herus menjelaskan kepada wisatawan mengenani apapun  soal budaya. (sak)