Dewan Dukung Pelaku UMKM Dalam Mengembangkan Produknya

dewan-dukung-pelaku-umkm-dalam-mengembangkan-produknya
Pemerintah Daerah melalui Dinas Perdagangan, Perindustrian dan Koperasi, UMKM Kabupaten Buleleng untuk membuat program kerja yang menyasar langsung para pelaku UMKM. Hal itu disampaikan dalam rapat Komisi bersama SKPD yang membahas mengenai rencana kerja tahun 2024 di Ruang Komisi III DPRD Buleleng, pada Rabu (18/10/2023).

BULELENG, Balifactualnews.com – Guna terus menumbuhkan dan mengembangkan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Buleleng, Komisi III mendorong Pemerintah Daerah melalui Dinas Perdagangan, Perindustrian dan Koperasi, UMKM Kabupaten Buleleng untuk membuat program kerja yang menyasar langsung para pelaku UMKM. Hal itu disampaikan dalam rapat Komisi bersama SKPD yang membahas mengenai rencana kerja tahun 2024 di Ruang Komisi III DPRD Buleleng, pada Rabu (18/10/2023).

Rapat yang dipimpin Wakil Ketua Komisi III Ni Made Lilik Nurmiasih,SE serta dihadiri oleh anggota Komisi III, Tim Ahli DPRD Buleleng, Dinas Perdagangan, Perindustrian dan Koperasi, UMKM Kabupaten Buleleng, Badan Pengelolaan Keuangan dan Pajak Daerah (BPKPD) Kabupaten Buleleng mendorong Dinas Perdagangan, Perindustrian dan Koperasi, UMKM Kabupaten Buleleng untuk menyusun program kerja peningkatan dan mengembangkan UMKM yang ada di Buleleng.

Wakil Ketua Komisi III, Lilik Nurmiasih berharap Pemerintah Daerah dapat membantu pelaku UMKM dengan membuat pameran secara rutin sebagai ajang untuk mempromosikan produk-produk UMKM kita kepada masyarakat. Selain itu, Pemerintah juga harus menyediakan UPTD Badan Layanan Umum Daerah sebagai wadah UMKM dalam mengembangkan produk-produknya melalui pelatihan-pelatihan dan digitalisasi produk hasil UMKM sehingga lebih banyak dikenal oleh masyarakat luas.

Hal senada disampaikan anggota Komisi III Wayan Masdana dalam mengembangkan UMKM yang ada di Buleleng perlu adanya terobosan digitalisasi dalam memasarkan produk-produk asli UMKM Buleleng. Untuk itu, dirinya berharap dinas terkait untuk membuat program kerja yang langsung bersentuhan dengan pelaku UMKM. “Dalam mendukung program pengembangan UMKM ini, Kami di Komisi III akan siap memperjuangkan anggaran untuk pembinaan dan perluasan UMKM di Kabupaten Buleleng,” tambahnya. (tya/bfn)

Exit mobile version