Dewan Karangasem Sempat Tolak Pengadaan Lampu Hias Rp 3 Miliar

Kadishub Berdalih Perencanaan Proyek Warisan PLT

dewan-karangasem-sempat-tolak-pengadaan-lampu-hias-rp-3-miliar
Anggota Komisi III DPRD Krangasem, I Nyoman Musna Antara

KARANGASEM, Balifactualnews.com–Pengadaan lampu hias sepanjang jalan Ahmad Yani dan jalan Untung Suropati, Amlapura, terus menuai sorotan. Selain karena dipaksakan, proyek prestisius  tersebut juga sempat mendapat penolakan dari kalangan anggota DPRD Karangasem. 

Anggota Komisi III DPRD Karangasem, I Nyoman Musna Antara, juga mengakui hal itu. Dikonfirmasi melalui sambungan telepon, Jumat (29/12/2023),  politisi Partai Golkar asal Banjar Penginyahan, Desa Tianyar, Kecamatan Kubu, ini mengatakan, bahwa pengadaan lampu hias oleh Dinas Perhubungan itu sudah ditolak sejak pembahasan Perubahan APBD 2023 hingga ketuk palu. 

“Kami (Dewan) menolak pengadaan lampu hias itu karena melihat limit waktu yang sangat mepet  pada Perubahan APBD. Penolakan yang kami lakukan sia-sia karena proyek pengadaan lampu hias itu diam-diam  tetap dilaksanakan eksekutif,” terang Musna Antara. 

Musna menilai, pemasangan lampu hias di sepanjang Jalan Ahmad Yani dan jalan Untung Suropati sangat tidak efektif dan terkesan terjadi pemborosan. Alasan terjadi penumpukan pemasangan lampu penerangan karena sebelumnya sudah ada lampu penerangan jalan umum (LPJU)  pada kedua ruas jalan menuju Kota Amlapura itu. 

“Sangat tidak efektif, tapi kalau pemborosan, itu sudah pasti,” slekit anggota DPRD Karangasem tiga periode itu. 

Sebelumnya, Kepala Dinas Perhubungan Karangasem, Tjokorda Surya Darma, mengatakan, proyek pengadaan lampu hias di sepanjang Jalan Ahmad Yani dan Untung Suropati yang dikerjakan itu merupakan proyek warisan pejabat sebelumnya. “Ya kami hanya melanjutkan, itu proyek yang direncanakan Plt Kadishub sebelumnya. Pengadaan proyek pemasangan lampu hias  melalui E-katalog yang dimenangkan CV Pradhana Teknik,” jelas Tjokorda Surya Darma. 

Sekadar diketahui, melihat ruas jalan yang ada Kabupaten Karangasem masih kekurangan LPJU cukup banyak. Idealnya LPJ dipasang dengan jarak sekitar 50 meter dari LPJU lainnya.  Saat ini jumlah LPJU di  Karangasem sebanyak 4.453 unit. Dan kondisinya masih baik. Tahun tahun 2023 ada pengadaan 114 titik LPJU di luar 86 titik pengadaan lampu hias. (tio/bfn)

Exit mobile version