Dewan Sentil Tumpukan Sampah Alkes RSUD Karangasem

Ketua Komisi IV DPRD Karangasem, I Komang Rena, saat mempin rapat kerja Komisi IV bersama manajemen RSUD Karangasem, beberapa waktu lalu
banner 120x600

KARANGASEM, Balifactualnews.com—DPRD Karangasem melalui Komisi IV menyentil tumpukan sampah alat kesehatan (alkes) RSUD. Sentilan itu disampaikan dalam rapat kerja dengan manajemen rumah sakit yang dipimpin langsung Ketua Komisi IV, I Komang Rena, beberapa waktu lalu.

Adalah I Nyoman Mardana Wimbawa, anggota Komisi IV dari Fraksi Golkar yang kembali mengingatkan manajemen RSUD Karangasem untuk segera memusnahkan tumpukan sampah alkes itu.
Menurutnya selain tak sedap dipandang mata (pengunjung), karena tereksan kumuh, tumpukan sampah alkes tersebut juga menjadi biang penyakit karena banyak nyamuk akan bersarang disana.

“Tahun lalu saat sidak ke RSUD, kami sudah mengingatkan agar sampah alkes yang menumpuk untuk secepatnya dimusnahkan. Faktaknya sampai sekarang sampah alkes masih tetap berdiam disana. Pelayanan kesehatan sudah mulai membaik, hanya saja tumpukan sampah alkes sangat mengganggu kenyamanan pengunjung di tengah RSUD Karangasem sedang serius bersolek menata lingkungan yang ada,” sentil Mardana Wimbawa, seraya menanyakan kejelasan jasa pelayanan dan insentif Covid-19 yang masih ada belum terbayar.

Sentilan anggota Komisi IV itu, langsung ditanggapi Direktur RSUD Karangasem, dr Gede Yuliasena. Dia mengakui, asset alkes yang rusak dan tidak terpakai sudah menumpuk sejak sejak belasan tahun lalu. “Aset yang rusak dan sudah menjadi sampah ini tidak serta merta bisa kami hapus begitu saja, karena ada regulasi yang mengatur,” kata Yuliasena.

Terhadap sampah alkes yang menumpuk itu, kata Yuliasena, manajemen RSUD Karangasem tengah melakukan pendataan dan sudah mengajukan permohonan nilai lelang ke Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Singaraja.

“Sampai saat ini kami masih menunggu nilai penghitungan aset dari KPKNL, apakah asset yang sudah rusak ini dilelang atau dimurnakan,” jelas Yuliasena. (tio/bfn)