Utama  

Di Manggis PDIP Berhasil Curi Satu Kursi DPRD Karangasem 2019

banner 120x600

IKUTI POLLING BUPATI KARANGASEM

Siapakah Pilihan Anda Untuk Bupati Karangasem Selanjutnya?

SIILAHKAN KLIK PILIHAN ANDA

View Results

Loading ... Loading ...

________________________________________________________________________________

KARANGASEM — Partai Golkar yang digadang-gadang bisa mempertahankan dua kursi di DPRD Karangasem pada Pileg 2019 akhirnya kandas. Dua Caleg incumbent, yakni I Nyoman Sumadi dan I Wayan Tama bertarung ketat dalam perebutan suara pileg pada 17 April lalu.

Hasil hitung suara sementara di internal partai Golkar Dapil III (Mangis), Sumadi berhasil mengungguli Tama dan diprediksi akan kembali bisa menduduki kursi merah DPRD Karangasem.

Versi balifaktualnews.com, Nyoman Sumadi yang juga sebagai Ketua PK Manggis itu, mampu mencatatkan suara pileg tahun ini di kisaran angka 4000-an. Suara yang ditorehkan itu mengalami lompatan dibanding pileg lima tahun lalu.

Bagaimana dengan Tama? Raihan suara yang ditorehkan anggota DPRD Karangasem dua periode ini mengalami kemunduran dari suara Pileg 2014 lalu. Lima tahun lalu, Tama berhasil membukukan suara pemilih di kisaran angka 4000 lebih. Ketatnya pertarungan pada Pileg Tahun ini membuat dia tidak mampu mempertahankan suara yang didapatkan dulu. Hasil hitung sementara Tama berada di bawah Sumadi dengan torehan suara di kisaran 3000-an pemilih.


Baca : Ini DPRD Karangasem 2019 Dapil Bebandem Versi Bali Factual News


Sayangnya, Kondisi Tama untuk bisa kembali duduk di kursi DPRD Karangasem masih belum nyaman, karena dari hitungan suara partai, Golkar masih kalah dengan suara PDIP. Nyoman Sumadi dikonfirmasi, Jumat (19/4/2019) siang tadi, sedikit menyembunyikan hasil perolehan suara yang dimiliki.

“Astungkara lolos, jumlah pastinya belum tahu. Ini kita masih rekap suara dengan tim,” jelasnya.

Sementara itu, PDIP Karangasem sedikit memastikan dua kadernya yang bertarung di dapil III (Manggis) lolos dari perebutan kursi DPRD Karangasem. I Wayan Sunarta yang menjadi Caleg Incumbent, dipastikan kembali melenggang ke DPRD menyusul torehan suaranya sangat signifikan, yakni di kisaran angka 4000 lebih.

Lolosnya politisi mungil ini menambah daftar panjang pengalamannya menjadi anggota DPRD Karangasem. Sebelumnya dia sudah dua periode duduk di kursi empuk itu. Suara pileg yang ditorehkan pada Pileg tahun ini menjadi catatan sejarah bagi dirinya sebagai anggota DPRD Karangasem tiga periode dari Dapil Manggis.

Sama dengan Sumadi, Sunarta juga sedikit menyembunyikan torehan suaranya itu. Dihubungi siang tadi, dia mengaku masih sibuk melakukan perekapan suara pileg di dapilnya.

“Astungkara lolos, saat ini kita masih menghitung keseluruhan suara di Manggis. Nanti kalau sudah kelar pasti saya kabari,” jelasnya.

Hasil sementara hitung suara partai di dapil Manggis, PDIP tampaknya lebih unggul dari Partai Golkar. Dongkrakan suara caleg yang merata membuat PDIP diprediksi akan mampu mencuri kursi DPRD Karangasem yang sebelumnya diduduki Golkar. Caleg PDIP atas nama I Made Ruspita disebut memiliki peluang besar untuk menambah kursi PDIP di DPRD Karangasem pada Pileg tahun ini.

Partai NasDem berhasil menghantarkan I Putu Suarjaya lolos merebut kursi DPRD Karangasem. Torehan suara yang dicapai sekaligus menumbangkan Susila sebagai caleg yang diunggulkan NasDem. Sedangkan jatah satu kursi lagi dari kouta lima kursi yang ada di rebut Caleg incumbent partai Demokrat Agung Puspada.

Perkiraan kursi dewan Dapil Manggis ini sepertinya tidak meleset, menyusul rekap suara dari semua partai sudah masuk hampir 90 persen. ( paramitha)