Dibarengi RAC, DPC Peradi Denpasar Gelar Sosialisasi E-Court

Ketua DPC Peradi Denpasar, I Nyoman Budi Adnyana, S.H., M.H., (kanan). (bfn/ist)
banner 120x600

DENPASAR, Balifactualnews.com – Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Perhimpunan Advokat Indonesia (Peradi) Denpasar dibawah Ketua Umum I Nyoman Budi Adnyana, S.H., M.H., menggelar Sosialisasi E-Court dan dibarengi dengan Rapat Anggota Cabang (RAC) tahun 2023, di Inna Bali Heritage Hotel Denpasar, Jumat (7/7/2023).

Kegiatan itu dihadiri Kepala Pengadilan Tinggi Denpasar, H. Mochamad Hatta, S.H., M.H. dan seluruh Ketua Pengadilan Negeri di seluruh Bali. Sistim E-Court itu menurut Ketua Panitia, I Made Adi Seraya, mampu meningkatkan transparansi dan akuntabilitas dalam proses berperkara.

“Kebutuhan sistem E-Court ini juga dapat mewujudkan sistem peradilan yang cepat, sederhana dan biaya ringan, sehingga tidak hanya menjadi doktrin semata,” katanya.

Sedangkan itu Ketua DPC Peradi Denpasar Budi Adnyana menyambut baik terselenggaranya acara ini. “Informasi terkait dengan E-Court ini penting adanya terutama bagi advokat – advokat baru yang akan beracara di pengadilan, dan kami dari DPC Peradi Denpasar rutin mengadakan kegiatan ini,” tutur Budi Adnyana.

Diakuinya, dirinya sangat mengapresiasi Ketua Pengadilan Tinggi Denpasar yang sudah berkenan hadir untuk memberikan suportnya dan penegasan atas pentingnya E-Court bagi para advokat. Membanggakan juga karena kehadiran para ketua Pengadilan Negeri se-Bali yang dengan antusias hadir sampai selesai sosialisasi E-Court ini, dan tidak pernah terjadi selama ini kehadiran Ketua PT dan para ketua PN se-Bali, selain di kegiatan DPC Peradi Denpasar seperti saat ini.

Sementara itu, H. Mochamad Hatta dalam sambutannya sekaligus memaparkan secara umum terkait sistem E-Court, Ketua Pengadilan Tinggi Denpasar itu mengapresiasi DPC Peradi Denpasar yang telah melaksanakan kegiatan ini. “E-court terus berkembang dengan terbitnya peraturan – peraturan baru yang menyempurnakan ketentuan sebelumnya, sehingga diharapkan dapat menyempurnakan kebutuhan praktek,” jelasnya.

H. Mochamad Hatta juga menambahkan, penyempurnaan E-Court ini adalah keinginan dari Mahkamah Agung dalam mewujudkan suatu peradilan yang adil dan modern berbasis teknologi informasi. Kegiatan ini dihadiri lebih dari 300 advokat DPC Peradi Denpasar, acara ini dilanjutkan dengan pemaparan dari 2 orang pemateri yang memaparkan secara lebih teknis terkait dengan pelaksanaan E-Court. Pemateri itu Dr. Joni, S.H., M.H dari PT Denpasar dan Rotua Roosa Mathilda, S.H., M.H. dari PN Denpasar dan dipandu Moderator k I Made Bagus Suardana.

Setelah kegiatan itu langsung berlanjut dengan Rapat Anggota Cabang. Terkait itu, Budi Adnyana menjelaskan beberapa hal penting, salah satunya adalah pentingnya iuran anggota untuk pelaksanaan kegiatan – kegiatan DPC Peradi Denpasar serta dalam hal kegiatan suka duka.

“Advokat Peradi harus mampu berposisi sejajar dengan penegak hukum lain, serta tidak mau diintervensi dalam menjalankan profesi. Dalam rapat  juga disampaikan mengenai Laporan Kegiatan Tahun 2022 – 2023 oleh Sekretaris DPC Peradi Denpasar, Fredrik Billy, S.H., M.H. dan pemaparan mengenai Laporan Keuangan oleh Bendahara DPC PeradiDenpasar, Yudik Purwanto, S.H,” tandas Budi Adnyana. (ena/bfn)