Dua Jurnalis Siap Kawal Independensi KPU Karangasem

dua-jurnalis-siap-kawal-independensi-kpu-karangasem
Komisioner KPU Karangasem yang baru, dari kiri ke kanan,Agus Nugroho Purwanto, I Wayan Suartika, I Putu Darma Budiasa (Ketua), I Kadek Sukara, I Gede Budana
banner 120x600

KARANGASEM, Balifactualnews.com-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Karangasem sah berganti komisioner dan  sudah dikukuhkan di gedung merah putih KPU RI, jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat Senin (30/10/2023) 

Lima komisioner yang dilantik itu, empat orang merupakan wajah baru, yakni I Kadek Sukara (mantan wartawan Nusa Bali), I Gede Budana (mantan wartawan Bali Post), I Wayan Suartika, dan Agus Nugroho Purwanto.

Sedangkan satu lagi anggota komisioner yang dikukuhkan bernama I Putu Darma Budiasa, sekaligus satu-satunya incumbent yang lolos dalam rekrutmen komisioner KPU Karangasem tahun ini.

Usai dikukuhkan, kelima anggota KPU Karangasem langsung menggelar rapat pleno untuk memilih posisi ketua. Informasi yang dihimpun menyebutkan, rapat pleno berlangsung cukup alot. Kendati demikian empat komisioner akhirnya secara bulat mempercayakan Putu Darma Budiasa sebagai Ketua KPU Karangasem selama 5 tahun kedepan.

“Rapat pleno digelar semalam dan teman-teman memberi kepercayaan kepada saya sebagai Ketua,” kata Darma Budiasa, dikonfirmasi via telpon, Selasa (31/10/2023).

Selain memilih ketua, lanjut Darma Budiasa, rapat pleno yang digelar setelah pelantikan juga melakukan pembagian divisi-divisi. Divisi Tenis Penyelenggaraan dipercayakan kepada I Wayan Suartika. Kepercayaan itu diberikan karena pria asal Kecamatan Rendang itu sudah memiliki pengalaman sebagai anggota PPK.

Sedangkan Divisi Sosialisasi Pendidikan  Pemilih dan SDM, Divisi Hukum dan Pengawasan, serta Divisi Data Dan Perencanaan masing masing dipercsyakan kepada I Kadek Sukara, I Gede Budana,  Agus Nugroho Purwanto. Sementara untuk Divisi Keuangan dan Logistik dipegang langsung I Putu Darma Budiasa.

“Usai pembagian divisi ini, kami langsung fokus bekerja pada pelaksanaan tahapan Pemilu 2024, baik Pileg maupun Pilpres. Hari ini tiga divisi sudah bertolak ke Karangasem, sedangkan saya bersama Divisi Teknis Penyelenggaraan masih di Jakarta mengikuti pembekalan dari pimpinan KPU RI,” pungkas Darma Budiasa.

Sementara  itu, kendati sebagai pendatang baru, pengalamanya selama menjadi jurnalis membuat Kadek Sukara dan Gede Budana berupaya untuk menjaga  marwah KPU, yakni sebagai penyelenggara Pemilu yang bersikap jujur dan independen.  “Langkah ini kami lakukan dalam upaya menciptakan Pemilu di Karangasem yang jujur, adil, dan bermartabat,” tandas Kadek Sukara. (tio/bfn)