Eksebisi Porprov, Paralayang Siapkan 3 Venue Arlternatif

eksebisi-porprov-paralayang-siapkan-3-venue-arlternatif
Rizki Widiantoro, Ketua Harian FASI Bali. (foto : bfn/ist
banner 120x600

DENPASAR,Balifactualnews.com –  Cuaca ektrim (hujan dan sedikit angin) yang  diprediksi akan terjadi beberapa pekan kedepan, membuat Pengprov FASI Bali khususnya di nomor Paralayang, terpaksa harus menyiapkan 3 venue alternatif demi menggelar eksibisi Porprov Bali XV/2022 yang digelar secara gotong royong pada 20 – 27 November 2022. Ini berbeda dengan aero modeling.

Dijelaskan Ketua Harian Pengprov FASI Bali Rizki Widiantoro, tiga venue alternatif itu tak lain yakni Pantai Pandawa, Pantai Melasti dan Pantai Nyangnyang. “Ya kalau memang nantinya salah satunya tempatnya tidak memungkinkan karena cuaca tidak bagus seperti hujan deras atau angin maka kami menggunakan alternatif venue lainnya. Begitu juga untuk venue alternatif lainnya,” tutur Rizki di KONI Bali, Rabu (5/10/2022).

Terkait jumlah kabupaten/kota sebagai peserta lanjutnya, untuk paralayang sudah masuk persyaratan yakni sudah ada enam kabupaten yang pastinya mengirimkan para atletnya. Sedangkan 3 kabupaten lainnya sudah ada pengurus kabupaten FASI namun belum ada atletnya yakni Karangasem, Bangli dan Buleleng.

“Sekarang perkembangan paralayang sangat pesat karena olahraga ini masuk sport tourism sehingga banyak atlet bermunculan. Sekarang kami memiliki banyak atlet di kabupaten/kota diluar 3 kabupaten tadi,” tegas Rizki.

Paralayang sendiri nantinya hanya mempertandingkan atlet putra dan putri hanya digabung menjadi satu. Hal itu lantaran jumlah atlet putri masih sedikit di Bali. Dengan demikian untuk nomor perorangan antara putra dan putri dicampur termasuk di nomor beregu.

“Kalau jumlah atlet di Paralayang tidak berbeda dengan di aeromodelling, total atlet berjumlah kisaran 30 sampai 40 atlet putra dan putri. Ini semua karena memang paralayang sudah dipertandingkan di PON tahun 2000. Jadi kini kami bisa merekrut atlet putri paralayang yang berpotensi,” sebut Rizki.
Sedangkan untuk aeromodelling disebutkan Rizki rencananya eksibisi digelar di tempat nantinya yang akan cocok dengan kondisi cuaca diantaranya, di Pantai Keramas atau di Pantai Siut atau di sekitar Kabupaten Gianyar. (ena/bfn)