Fasilitas Lengkap, RSUD Karangasem Siap Rawat Pasien Covid-19

fasilitas-lengkap-rsud-karangasem-siap-rawat-pasien-covid-19
Foto: Gedung RSUD Karangasem
banner 120x600

KARANGASEM, Balifactualnews.com–Memiliki fasilitas lengkap termasuk ruang isolasi, RSUD Karangasem sudah sangat siap untuk merawat pasien Covid-19 yang terus mengalami penambahan. Perihal kesiapan itu disampaikan langsung Kabid Pelayanan, dr I Komang Wirya kepada wartawan beberapa waktu.

Dijelaskan sejak awal Desember, rumah sakit plat merah tersebut telah merawat enam orang pasien Covid-19. Semua pasien yang dirawat saat ini dinyatakan sudah sembuh dan dibolehkan pulang ke rumah masing-masing.

“Sebelumnya kami merawat pasien Covid-19. Semua pasien yang dirawat di pulangkan ke rumah masing-masing karena sudah sembuh,” terang Wirya.

Terhadap perawatan yang dilakukan,RSUD Karangasem sudah menyiapkan ruangan khusus untuk pasien yang terkonfirmasi positif terpapar virus Covid-19. Bukan sekadar perawatan, ruang isolasi untuk pasien Covid-19 semuanya sudah aman dan tidak ada masalah.

“BOR yang kami miliki sangat mencukupi dan masih siap menampung pasien khusus Covid-19. Bila nanti ruangan yang disiapkan penuh, kami telah menyiapkan ruangan yang lainnya. Intinya kami sudah sangat siap untuk hal ini,” jelas Wirya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Karangasem, dr I Gusti Bagus Putra Pertama, mengatakan, mengantisipasi peningkatan kasus Covid-19 di Karangasem, pihaknya telah menyebarkan surat edaran ke seluruh fasilitas pelayanan kesehatan hingga ke tingkat Puskesmas untuk senantiasa menjaga dan mentaati protokol kesehatan seperti memakai masker dan rajin mencuci tangan serta warga mewajibkan memakai untuk memakai masker ketika datang ke fasilitas kesehatan.

“Apabila ada keluhan yang dicurigai mengarah ke Covid-19 agar secepatnya dilakukan tindakan. Ini dilakukan guna mengantisipasi penyebaran lebih jauh melalui tindakan surveilans aktif maupun pasif. Kami akan mendorong pelayanan vaksinasi di seluruh pelayanan kesehatan dengan harapan warga yang belum divaksin agar segera melakukan vaksinasi, serta bagi yang belum lengkap untuk segera melengkapi tahapan vaksinnya,” tandasnya. (tio/bfn).