Giri Tohlangkir Berhembus Tipis

banner 120x600

Foto Gunung Agung

 

 

KARANGASEM—Hembusan tipis kembali terjadi di Gunung Agung. hanya saja hembusan kali ini hanya berupa uap air. Ini juga menandakan kalau Gunung tertinggi di Bali tersebut masih menunjukan aktifitas yang tinggi.

Hembusan terjadi pagi hari. Dari laporan warga masyarakat di sekitar Gunung Agung yang memantau langsung Gunung Tohlangkir langsung melaporkan kejadian tersebut ke posko Pasebaya Agung melalui Radio amatir. Menurut PVMBG angin kencang juga berhembus dengan kecepatan sedang ke arah barat dengan suhu udara 23-29 derajat celcius. Sementara kelembapan udara 60 sampai 70 persen dengan tekanan udara 0-0 mmHG.

Asap bertekanan lemah teramati berwarna putih dengan intensitas tipis dengan tinggi sekitar 50 meter diatas puncak. “asap hanya bertekanan tipis, teramati dari laporan para relawan,” Ujar Ketua Pesebaya Agung Gede Bawana kemarin.

Sempat juga terjadi gempa tektonik jauh sebanyak satu kali dengan 12mm S-P 22 detik dan durasi 160 detik.

Sementara itu PVMBG masih tetap dengan rekomendasi zona bahaya sejauh 4 km dari puncak. Selain itu dihimbau juga warga di bantaran sungai agar waspada. Karena material Gunung agung sewaktu waktu bisa bergerak ke bawah jika terjadi hujan di hulu. Gerakan material karena air hujan ini cukup bahaya jika tidak di waspadai. Semakin tinggi tingkat guyuran hujan maka semakin banyak material yang kemungkinan tergerus.

Pihak Pesebaya sendiri juga terus mengedukasi warganya yang ada di lereng Gunung Agung agar selalu waspada. (ani)