Utama  

Gunung Agung Erupsi, Pemedek Pura Besakih Panik

________________________________________________________________________________

KARANGASEM—Gunung Agung kembali mengalami erupsi, Kamis (4/3/2019) sekitar pukul 01.30 Wita dini hari tadi. Erupsi diawali dentuman keras yang keluar dari kawah Gunung Agung memunculkan kepanikan bagi pemedek yang sedang berada di areal Pura Besakih.

I Wayan Mari salah seorang relawan Pasebaya Agung, melaporkan, erupsi memunculkan kepanikan yang sangat signifikan, pemedek berhamburan, karena erupsi disusul keluarnya api dari kawah. Selain itu erupsi juga mengeluarkan lapar pijar dan membakar lereng Gunung.

“Suara gemuruh dan dentuman terdengar 12 km dari puncak kawah, sinar api juga cukup besar dengan asap ke abu-abuan,” terang I Komang Eka Semaraputra, operator net Siaga Posko induk Pasabaya Dikatakan, sebelum erupsi, petir juga terus menyambar pucak Gunung Agung. Erupsi terjadi dua kali berselang 3 menit. “Kolom abu lebih 2000 meter. Pemantauan dari 28 lingkar desa asap teramati condong mengambang diatas puncak kawah, kadang ke selatan dan kadang ke barara ke barat,” terang Eka Semaraputra. (tio)

Exit mobile version