Utama  

Gunung Agung Sempat Hebuskan Asap Tipis, Pelaksanaan Ida Bhatara Turun Kabeh di Pura Besakih tetap Khusyuk

banner 120x600

KARANGASEM—Mendung sempat menggelayut diatas langit Pura Besakih, Karangasem, bertepatan dengan puncak Ida Bhatara Turun Kabeh di Pura Besakih, pada Purnama Kedasa Rabu (20/3). Kendati sempat turun hujan lebat dan Gunung Agung sempat mengeluarkan hembusan kecil, namun pelaksanaan persembahyangan di Pura Penataran Agung Besakih, tetap berjalan khyusuk.

Ketua Panitia Jro Mangku Widiartha, mengatakan, pelaksanaan puncak Karya Ida Bhatara Turun Kabeh sudah dimulai sejak pagi hari. “Sebelum puncak karya telah dilaksanakan upacara muspayang Ida Betara Turun Kabeh. Selain itu, bertepatan dengan puncak juga akan dilaksanakan pengrajeg karya di mandala dan di ambal-ambal. Setelah itu dilakukan persembahyangan bersama. Setelah upacara persembayangan, dilajutkan dengan muspayang Ida Bhatara turun ke peselang. Setelah itu, Ida Bhatara mewali malinggih ke Pesamuhan Agung,”ujarnya.

Widiartha mengatakan, krama yang tangkil saat puncak karya Ida Bhatara Turun Kabeh cukup banyak. Ini dibuktikan penuhnya arela Pura Penataran Agung dari pemedek yang tangkil untuk ngrastiti bhakti kepada Ida Hyang Widhi Wasa pada puncak karya. “Karena sekarang puncak karyanya, kami yakin seterusnya pamedek yang tangkil akan terus bertambah. Apalagi saat hari-hari libur, dipastikan pamedek yang tangkil bakal membludak,”katanya.

Gubernur Bali I Wayan Koster dan pejabat tinggi Pemprov Bali dan para Bupati se-Bali juga terlihat khusyuk mengikuti jalannya pelaksanaan pucak Karya Ida Bhatara Turun Kabeh.

Sehari sebelum puncak karya, lanjut Jro Mangku Widiartha, juga dilaksanakan upacara mapepada wewalungan, tujuannya untuk menyucikan atau menyempurnakan semua binatang dari bhuta supaya bisa kembali menjadi dewa.

Puncak karya kemarin diawali dengan pelaksanaan upacara muspayang Ida Bhatara Turun Kabeh dan muspayang Ida Bhatara Turun ke Peselang.
Selain itu, juga dilaksanakan pengrajeg karya di mandala dan di ambal-ambal. (tio)