Jagabaya Pasek Kecamatan Manggis Gelar Donor Darah

jagabaya-pasek-kecamatan-manggis-gelar-donor-darah
Memperingati hari jadi ke-2, Jagabaya Pasek Kecamatan Manggis menggelar aksi donor darah di Wantilan Kantor Camat Manggis, Minggu (11/6/2023)
banner 120x600

KARANGASEM,Balifactualnews.com—Serangkaian memperingati HUT ke-2, Jagabaya Pasek,Kecamatan Manggis, menggelar aksi Donor Darah. Aksi sosial yang dipusatkan di wantilan Kantor Camat Manggis, Minggu (11/6/2023), juga sinkronkan dengan peringatan hari lahir Pancasila dan Bulan Bung Karno.

Koordinator aksi donor darah, I Ketut Pasek Arianta,didampingi I Made Ruspita, mengatakan, sebanyak 67 orang peserta yang mendaftar untuk mendonorkan darahnya. Tapi setelah dilakukan pemeriksaan oleh tim medis hanya 54 orang dinyatakan layak.

“Bakti sosial donor darah ini kami selenggarakan untuk membantu PMI dalam menyediakan stok darah di Karangasem. Kami berharap, 54 kantong darah yang kami donorkan untuk UDD PMI Karangasem bisa membantu masyarakat yang lagi membutuhkan darah,” ucap Arianta, seraya menabahkan, 12 peserta yang tidak bisa mendonorkan darahnya karena faktor kesehatan.

Terpisah, Ketua PMI Kabupaten Karangasem, dr I Nengah Suranten, sangat mengapresiasi bakti sosial donor darah yang dilakukan Jagabaya Pasek, Kecamatan Manggis tersebut. Dia berharap kegiatan kemanusiaan yang sangat mulia itu bisa
Dijelaskan dari 54 kantong darah yang diambil tim UDD PMI Karangasem, sebanyak 9 kantong merupakan golongan dara A, 24 kantung golongan darah B, 20 kantong golongan darah O, dan 1 kantong golongan darah AB.

“Kami berharap donor darah yang dilaksanakan Jaga Baya Pasek di Kecamatan Manggis, tidak saja saat peringatan HUT, tapi bisa rutin dilakukan tiga bulan sekali. Dan kami siap menindaklanjutinya,” kata Suranten.

Kebutuhan darah untuk pasien rumah sakit di Karangasem, kata Suranten, rata-rata mencapai 10 hingga 20 kantong per hari. Bahkan dalam sebulan berkisaran antara 300 kantong hingga 600 kantong. (tio/bfn)