Karangasem Diguncang Gempa M 3,3

banner 120x600

________________________________________________________________________________

KARANGASEM—Gempa bumi berkekuatan 3,3 magnitudo mengguncang wilayah Karangasem, Bali. Gempabumi terjadi Kamis (18/4/2019) pukul 14.39.30 WITA. Gempa bumi terletak pada koordinat 8.35 LS dan 115.58 BT, tepatnya di tengah laut, 17 kilometer tenggara Karangasem, Bali, pada kedalaman 12 kilometer.

Rilis dari BMKG Denpasar, menyebutkan dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas sesar aktif.

“Peta tingkat guncangan BMKG menunjukkan, dampak gempa bumi ini menimbulkan guncangan pada skala Intensitas III MMI di sebagian besar wilayah Karangasem,” kata Kepala Balai Besar BMKG Wilayah III Denpasar, Drs M. Taufik Gunawan.

M Taufik menjelaskan, menjelaskan lokasi pusat gempa bumi dan kedalaman hiposenter yang ada, tampak bahwa gempabumi yang terjadi merupakan gempa tektonik yang disebabkan oleh sesar atau patahan lokal dan tidak berpotensi tsunami.

“Kepada warga di wilayah Karangasem dan sekitarnya dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya,” tutupnya. (tio)