KPU Karangasem Melantik 1.676 Pantarlih Serentak di 8 Kecamatan

kpu-karangasem-melantik-1-676-pantarlih
Pelantikan pantarlih di Kecamatan Rendang, Minggu(12/2/2023).

KARANGASEM, Balifactualnews.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Karangasem secara serentak resmi melantik 1.676 anggota panitia pemutakhiran data pemilih (pantarlih) di masing-masing kecamatan, Minggu (12/2/2023).

“Setelah dilantik anggota Pantarlih selanjutnya akan diberikan pembekalan melalui Bimtek (Bimbingan Teknis), terkait pengetahuan dasar sebagai pantarlih. Pantarlih ini akan mulai bertugas dari 12 Februaru hungga 14 April 2023 untuk melakukan pencocokan dan penilitian data pemilih,” kata Ketua KPU Karangasem, Ngurah Gede Maharjana kepada awak media.

Maharjana menambahkan, seluruh anggota pantarlih juga diinstruksikan untuk selalu menjalin koordinasi dengan perbekel, kepala dusun, dan yang lainnya di wilayah kerjanya masing-masing.

“Hal itu sangat penting untuk memperlancar dan mempermudah pekerjaan yang akan dilakukan oleh Pantarlih di lapangan,” tndas Maharjana, seraya menambahkan, para anggota Pantarlih tersebut, akan langsung mulai bekerja untuk melaksanakan pencocokan dan penelitian terhadap daftar pemilih melalui aplikasi elektronik coklit untuk memverifikasi segala hal berkaitan dengan data pemilih yang sudah dipegang oleh masing-masing pantarlih.

Sementara itu, Ketua divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih Partisipasi Masyarakat dan Sumber Daya Manusia, Putu Deasy Natalia seusai memantau pelantikan di Kecamatan Rendang, berharap dan berpesan kepada seluruh pantarlih untuk bertugas dengan baik dan bersungguh-sungguh.

“Saya berharap pantarlih bekerja dengan sungguh-sungguh, teliti, cermat dalam melakukan pemutakhiran data pemilih, sehingga nanti menghasilkan DPT yg berkualitas,” terangnya.

Jumlah anggota pantarlih yang dilantik serentak di masing-masing Kecamatan adalah, di Kecamatan Karangasem sebanyak 334 orang, Kecamatan Kubu 274 orang, Kecamatan Manggis 176 orang, Kecamatan Abang 273 orang, Kecamatan Rendang 144 orang, Kecamatan Selat 159 orang, Kecamatan Sidemen 130 orang, dan Kecamatan Bebandem 186 orang. (ger/bfn)

Exit mobile version