KPU Karangasem Persiapan Rekrut KPPS

kpu-karangasem-persiapan-rekrut-kpps
Foto : Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM, I Kadek Sukara, tengah melakukan sesi foto bersama usai menggelar sosialisasi rekrutmen KPPS di Gedung MPP, Amlapura

KARANGASEM, Balifactualnews.com – Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 sudah semakin dekat. Sebagai penyelenggara di daerah KPU Karangasem mulai persiapan melakukan rekrutmen Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) diawali dengan sosialisasi yang dilaksanakan di Gedung Mall Pelayanan Publik (MPP), Jalan Gajah Mada, Amlapura, Selasa (5/12).

Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM, I Kadek Sukara, mengatakan batas usia calon KPPS untuk Pemilu 2024 maksimal 55 tahun.

“Pendaftaran calon KPPS dimulai 11-22 Desember melalui SIAKBA. Nanti pendaftaran akan dibantu PPS dan PPK di masing-masing kecamatan. Hasil rekrutmen KPPS akan diumumkan akhir Desember nanti,” jelas Sukara yang juga bertugas sebagai Plh Ketua KPU karangasem.

Sukara mengatakan, masing-masing TPS akan ada sebanyak 7 KPPS. Artinya dari 1.677 TPS, nantinya akan ada sebanyak 11.749 orang KPPS tersebar di delapan kecamatan. Masa kerja KPPS selama satu bulan, terhitung dari 25 Januari hingga 25 Februari 2024 mendatang.

“Bagi masyarakat yang ingin menjadi KPPS silahkan melakukan pendaftaran sesuai jadwal yang telah ditentukan. Semua mempunyai hak untuk menjadi penyelenggara Pemilu. Siapa pun nantinya yang terpilih tentunya sudah memenuhi syarat yang telah ditentukan, salah satunya melampirkan surat keterangan sehat,” jelas Sukara, seraya menambahkan, dalam mendukung kesuksesan dan kelancaran pelaksanaan Pemilu nanti, masing-masing TPS akan dijaga oleh dua orang Satuan Perlindungan Masyarakat (Linmas) yang ada di desa setempat. Total anggota Limas yang dilibatkan sebanyak sebanyak 3.354 orang (tio/bfn).

Exit mobile version