KPU Karangasem Temukan 947 Surat Suara Presiden dan Wakil Presiden Rusak

kpu-karangasem-temukan-947-surat-suara-presiden-dan-wakil-presiden-rusak
Foto: Petugas Kepolisian mencermati surat suara presiden dan wakil presiden yang rusak.

KARANGASEM, Balifactualnews.com – Hasil penyortiran dan pelipatan surat suara, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Karangasem menemukan sebanyak 947 lembar surat suara presiden dan wakil presiden rusak.

Divisi Hukum dan Pengawasan KPU Kabupaten Karangasem I Gede Budana, mengatakan, kerusakan surat suara presiden dan wakil presiden bervariasi. Selain robek juga ada yang berlubang dan gambarnya buram.

“Selain rusak juga ada sebanyak 2.130 lembar surat suara yang kurang dari jumlah yang seharusnya kami terima,” kata Budana, saat ditemui di GOR Gunung Agung, Kamis (4/1).

Budana merinci , untuk surat suara robek jumlahnya mencapai 279 lembar, gambar buram 11 lembar, berlobang 2 lembar dan sisinya karena kerusakan lainnya sebanyak (cacat) 655 lembar. Total surat suara presiden dan wakil presiden yang rusak berjumlah 947 lembar.

“Kekurangan surat suara dan surat suara yang rusak secepatnya kami koordinasikan ke pusat untuk segera dapat penggantinya kembali. Surat suara yang rusak untuk sementara kami simpan di GOR. Masih kami kumpulkan secara menyeluruh dan dibuatkan berita acara untuk selanjutnya dimusnahkan,” kata Budana.

Pantauan di lokasi pelipatan surat suara, menyebutkan petugas sortir dan pelipatan surat suara di hari kedua jumlahnya mencapai 203 orang, terdiri dari mahasiswa, buruh proyek hingga ibu rumah tangga. Proses pelipatan untuk surat suara pemilihan presiden dan wakil presiden selesai dilakukan, dilanjutkan proses sortir dan pelipatan untuk surat suara DPRD.

Selain itu, petugas kepolisian juga terlihat melakukan pengamanan dengan ketat di sekitar GOR Gunung Agung. Bahkan petugas sortir dan pelipatan semuanya diperiksa sebelum memasuki GOR untuk memastikan tidak ada barang bawaan seperti handphone, tas, korek dan yang lainnya yang dibawa masuk. (tio/bfn)

Exit mobile version