Lengkapi Basis Data, KONI Buleleng Ajak Pengkab Kelola Website Bersama

lengkapi-basis-data-koni-buleleng-ajak-pengkab-kelola-website-bersama
KONI Buleleng Ajak Pengkab Kelola Website Bersama

BULELENG, Balifactualnews.com – Perwakilan 44 Cabang Olahraga (cabor) yang bernaung di bawah KONI Buleleng diberikan pelatihan pengisian data informasi keolahragaan berbasis website. Seluruh Pengurus Kabupaten (Pengkab) Cabor kini diajak mengelola website bersama untuk penyebaran informasi keolahragaan yang lebih masif. Kegiatan ini dilaksanakan di Ruang Rapat Kantor KONI Buleleng, pada Sabtu (23/12/2023).

Wakil Ketua III KONI Buleleng Putu Nova Anita Putra di sela-sela pelatihan mengatakan pengelolaan website sudah dilakukan KONI Buleleng secara bertahap sejak tahun 2022 lalu. Kini terus dikembangkan untuk keberagaman konten dan data yang disajikan. Tidak hanya kegiatan KONI saja, tetapi kini seluruh kegiatan cabang olahraga. “Sekarang admin dari Pengkab akan diberikan user dan password masing-masing untuk mengakses dashboard cabor yang sudah kami siapkan di website. Jadi tidak hanya admin dari KONI yang bisa mengupload data dan kegiatan, sekarang masing-masing pengkab sudah bisa,” terang Nova.

Data-data yang dimasukkan sebagai sumber informasi mulai dari sarana prasaran, prestasi, kejuaraan hingga sertifikasi pelatih dan atlet. Nova menjelaskan kelengkapan data keolahragaan di Buleleng ini disiapkan untuk dua hal. Data online di website KONI ditargetkan dapat memberikan informasi yang lebih banyak kepada masyarakat luas, terkait kegiatan olahraga di Buleleng. Informasi ini pun diharapkan dapat menjadi daya pikat untuk menarik minat masyarakat ikut bergabung dalam cabor yang ada.

Sedangkan data offline disiapkan sebagai konsumsi internal KONI Buleleng dan juga untuk keperluan data yang sering diminta sebagai bahan penelitian atau kelengkapan data dari KONI Pusat dan Kemenpora. “Pengalaman beberapa kali diminta data dari Kemenpora, KONI Pusat, sering kali kita kelabakan memenuhi data itu. Nah sekarang data itu kita collect semua dalam satu data. Sehingga saat diperlukan kita sudah siap,” imbuhnya.

Dari pengembangan pengelolaan website KONI Buleleng ini pun diharapkan dapat menyempurnakan basis data keolahragaan di Buleleng dengan catatan data digital dari aktivitas di website. (tya/bfn)

Exit mobile version