PBK Angkatan II, Asisten Karuna Harapkan Peserta Bisa Kembangkan Diri untuk Berwirausaha

pbk-angkatan-ii-asisten-karuna-harapkan-peserta-bisa-kembangkan-diri-untuk-berwirausaha
Plt. Asisten I Setda Kabupaten Buleleng, Putu Karuna mewakili Penjabat (Pj) Bupati Buleleng saat membuka acara PBK angkatan ke II di Aula UPTD BLK Kalibukbuk, pada Senin (19/6/2023).
banner 120x600

BULELENG, Balifactualnews.com – Pelatihan Berbasis Kompetensi (PBK) yang dilaksanakan oleh Pemerintah Kabupaten Buleleng melalui Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Buleleng untuk meningkatkan calon tenaga kerja yang sesuai dengan kebutuhan pasar kerja.

Hal tersebut diharapkan agar masing-masing peserta bisa mengembangkan dirinya untuk berwirausaha. Demikian disampaikan Plt. Asisten I Setda Kabupaten Buleleng, Putu Karuna mewakili Penjabat (Pj) Bupati Buleleng saat membuka acara PBK angkatan ke II di Aula UPTD BLK Kalibukbuk, pada Senin (19/6/2023).

Lebih lanjut, Asisten Karuna menjelaskan pelatihan ini sebagai upaya untuk mengatasi masalah ketenagakerjaan dengan melalui pembangunan di semua sektor yang dapat menciptakan kesempatan kerja dan pertumbuhan ekonomi. “Tak kalah pentingnya, pelatihan ini juga meningkatkan keterampilan dan pengetahuan dari pencari kerja baik melalui pendidikan formal maupun non-formal yang dilakukan oleh pemerintah dan swasta,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Tenaga Kerja, Komang Sumertajaya menyampaikan pelaksanaan kegiatan pelatihan ini menyasar para pencari kerja, pekerja terkena PHK serta masyarakat yang membutuhkan dan berminat mengikuti pelatihan, sehingga mampu mengisi, menciptakan, memperluas lapangan kerja serta kesempatan membuka lapangan kerja baru.

Adapun peserta yang mengikuti pelatihan angkatan ke II sebanyak 128 orang, yang terbagi beberapa program diantaranya, Pelatihan Pembuatan Kue Kering, Junior Body Therapis, Tatarias Kecantikan, Menjahit Kebaya, Pemasangan Intalasi Listrik Bangunan Sederhana, Pipe Welder SMAW 1G, Bahasa Mandarin, dan Servis Sepeda Motor Konvensional yang digelar selama 35 hari kerja dari tanggal 20 Juni sampai dengan 16 Agustus 2023. (tya/bfn)