“Pemacekan Agung” Pura Dasar Buana Gelgel Klungkung Dipadati Pemedek

pemacekan-agung-pura-dasar-buana-gelgel-klungkung-dipadati-pemedek
Foto situasi pemedek Pemacekan Agung di Pura Dasar Buana Gelgel, Klungkung, Senin(7/8/2023).
banner 120x600

SEMARAPURA, Balifactualnews.com – Bertepatan dengan Pemacekan Agung yang jatuh pada Senin(7/8/2023), ribuan pemedek seantero Bali memadati Pura Dasar Buana Gelgel Klungkung, stana Ida Bhatara Sri Mpu Gana, untuk melaksanakan persembahyangan. Pemedek yang  tangkil (bersembahyang) di Pura besejarah bagi umat Hindu, utamanya warga Pasek sejebag Bali.

Penyarikan Desa Adat Gelgel, Gede Eka Semayaputra, dihubungi dihubungi media ini mengatakan, Petirtan saat Puncak Karya Pemacekan Agung di Pura Dasar Buana ,Gelgel KLungkung ini dipuput oleh Ida Bhagawan Dalem Siwa Sogatha dan Ida Pedanda Gde Jumpung Putra Keniten, sedangkan di Pura Pusering Jagat dipuput Ida Pedanda Gede Kediri Putra Keniten.

“Pemedek yang tangkil bertepatan dengan Pemacekan Agung kali ini sangat ramai. Malah karena begitu membludaknya, kita gunakan sistem antrian dengan menggunakan  kartu untuk pemedek yang akan ngeranjing ke jeroan Pura,” Ungkap Gede Eka Semayaputra yang juga menjabat Kepala SMAN di Gianyar ini.

Hal itu dilakukan, imbuhnya, untuk meminimalisir tejadinya penuumpukan pemedek dijeroan Pura agar tidak berjubel. Disebutkannya pula walaupun sudah diatur malah terjadi juga sebagian pamedek kelelahan dan diberi perawatan medis.

Diantara pemedek yang mengalami gangguan kesehatan  karena berdesakan tampak  warga Semeton  dari  Bantiran Tabanan dan warga semeton dari Taro Tegalalang, dan sudah mendapatkan pertolongan medis.

Eka Semayaputra menambahkan, pelaksanaan upacara akan nyejer  selama 3 hari dan mesineb pada Kamis 10 Agustus 2023 yang akan datang. (Roni/bfn)