Pemerintah Pusat Lanjutkan Penataan Tikungan Bukit Berina 

pemerintah-pusat-lanjutkan-penataan-tikungan-bukit-berina
Proyek pembangunan senderan dan drainase di Jalan Bukit Berina, Kecamatan Abang. Beberapa buruh bangunan terlihat sedang mengerjakan proyek tersebut, Selasa (10/10/2023)

KARANGASEM, Balifactualnews.com– Pemerintah Pusat kembali melanjutkan penatan  jalan tanjakan dan menikung di wilayah Bukit Berina, Desa Tista, Kecamatan Abang, Kabupaten Karangasem. Penataan tak jauh beda dengan penataan sebelumnya, yakni penyenderan tebing bukit kanan jalan (dari arah Karangasem menuju Singaraja, Red).

Proyek penyenderan bukit dengan betonisasi itu, juga dilengkapi drainase untuk aliran air dari bukit. Wayan Pageh, warga asal Abang, menuturkan, penataan tebing Bukit Berina itu sudah berlangsung sejak lama. “Proyek lanjutan ini sudah dikerjakan sejak awal 2023. Petugas hanya memasang senderan beton, serta drainase dengan menggunakan alat berat,” kata Pageh, Selasa (10/10/2023).

Pageh dan warga Abang, serta pengendara yang melintas di jalur tersebut sangat mengapresiasi proyek penataan Bukit Berina tersebut.

“Sebelum ada penataan, jalan di sekitar Bukit Berina sering terjadi longsor dan pohon tumbang dan berdampak pada kemacetan arus lalu lintas. Sekarang dengan adanya pembangunan senderan, jarang ada longsor dan pohon tumbang,” ungkap Pageh.

Pageh menambahkan, pembangunan senderan dan drainase tersebut bisa meminimalisir longsor serta pohon tumbang. Mengingat jalan di Bukit Berina sering longsor dan pohon tumbang. Material longsor dari Bukit turun ke bawah dan sering tutupi jalan. Kondisi ini sering ganggu lalu lintas.

Kepala Dinas PUPR, Perumahan dan Permukiman Kabupaten Karangasem, Wedasmara, mengatakan, proyek penataan serta pembangunan senderan, dan drainase di jalan di Bukit Berina merupakan wewenang pemerintah pusat, karena status jalan yang diperbaiki merupakan jalan nasional. “Itu proyek nasional. Pengerjaanya sudah dilakukan sejak tahun lalu dan berlanjut sampai sekarang,” tandasnya. (tio/bfn).

Exit mobile version