Pemkab Akan Tinjau Aset Daerah Bangun Penunjang Fasilitas Pariwisata

banner 120x600

________________________________________________________________________________

KLUNGKUNG – Setelah melakukan peninjauan ke lokasi pembangunan Pelabuhan Segitiga Emas dan penaatan jalan. Rombongan Pemkab Klungkung yang dipimpin langsung Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta pada Minggu (24/3/2019) lalu, sempat melanjutkan perjalanan menijau semua aset milik Pemkab Klungkung.

Aset Pemerintah Kabupaten Klungkung masih banyak ada tanah yang tercecer belum disertifikatkan oleh Pemda. Termasuk lahan kosong yang masih bisa dimanfaakan dengan baik. Seperti halnya tanah 3,9 hektar di Batu Belek, disepanjang Pantai Dream Beach, dengan pemandangan laut yang menghasilkan ombak yang luar biasa. Setiap hari yang kunjungi ribuan wisatawan manca negara maupun lokal.

Nantinya lahan milik Pemkab di Dream Beach, akan ditata dan dikelola oleh UPT Pariwisata Nusa Penida. Seperti penambahan fasilitas berupa tempat parkir, balai bengong sebagai rest area, serta areal warung milik warga yang akan direlokasi dan dirapikan untuk mendapatkan hasil yang luar biasa, terutama dari segi hasil pendapatan PHD.


Baca : Komisi II DPRD Klungkung Dukung Program TOSS


“Dalam waktu singkat akan segera ditata penambahan pagar untuk pengamanan pantai segingga bisa kita tarik retribusi untuk Pendapatan Hasil Daerah (PHD). Saat ini wisatawan yang datang tidak membayar dan semua free, nanti akan kami kenakan retribusi sesuai dengan perda yang berlaku” ujar Buapati Asal Ceningan ini.

Bupati Suwirta berharap komitmen dan dukungan masyarakat setempat untuk membangun lagi perkembangan pariwisata yang ada di Nusa Lembongan dan Nusa Ceningan.

“Bukan karena saya dari sini, tetapi ini dari awal sudah menjadi aset kita. Jangan sampai ini tidak ditata, wisatawan akan beralih ketempat lain” ujar Bupati Suwirta

Tak hanya itu, pihaknya juga menugaskan Perijinan untuk menata bagunan yang belum mengurus izin yang berpengaruh terhadap akomodasi periwisata. Sehingga tau berapa yang belum mengantongi izin.

“Banyak saya lihat tadi yang aman untuk mengurus izin, tapi belum mengurus izin, mereka anggap kurang penting” ujar Bupati Suwirta. Bangun Penunjang Fasilitas Pariwisata. (ana/ani)