Daerah  

Permudah Tangkap Ikan, Nelayan Karangasem Dibekali Aplikasi

banner 120x600
Asisten 2 Setda Karangasem, I Made Suama usai membuka Sekolah Lapang Cuaca Nelayan di Balai Banjar Batudawa Kelod, Kecamatan Kubu

KARANGASEM,Balifactualnews.com—Dinas Perikanan Kabupaten Karangasem, Bali, membuat gebrakan baru dalam mempermudah para nelayan untuk mendapatkan tangkapan ikan yang lebih banyak.

Gebrakan yang dilakukan dengan membuat aplikasi cara menangkap ikan yang benar dan bisa menghindar dari cuaca ekstrim yang ada di perairan. Kepala Dinas Perikanan, drh I Ketut Artama melalui Kabid Perikanan Tangkap, I Gusti Bagus Budi Adnyana,  mengatakan,  aplikasi  tangkap ikan  hasil sinergitas dengan pihak BMKG Bali itu, selain bisa mengetahui cuaca ekstrim di perairan, juga bisa melihat dengan jelas posisi ikan yang akan di tangkap.

“Aplikasi ini sangat memudahkan nelayan dalam menangkap ikan di laut.  Sangat realtime, karena posisi ikan bisa dilihat dalam peta yang bisa dilihat langsung di HP Android milik nelayan,”  jelas Gusti Bagus Budi Adnyana.

Aplikasi tangkap ikan, lanjut  Gusti Bagus Budi Adnyana, merupakan sinergitas yang dibangun dengan pihak BMKG Bali. Dan, pagi tadi sudah  dilaksanakan Sekolah Lapang Cuaca Nelayan (SLCN)  yang dipusatkan di Balai Banjar Batudawa Kelod, Kecamatan, Kubu. SLCN tersebut dibuka Asiseten 2 I Made Swama (mewakili Bupati), melibatkan 100 orang nelayan yang ada di Karangasem.

Aplikasi rialtime, kata Gusti Bagus, membuat nelayan  di Karangasem akan semakin tangguh dalam menghadapi cuaca ekstrim di perairan dan  mempermudah nelayan untuk mendapatkan tangkapan ikan yang lebih banyak

“SLCN ini merupakan upaya untuk meningkatkan pemahaman nelayan terhadap kondisi cuaca dan lokasi penangkapan ikan secara realtime. Dengan demikian nelayan mampu memahami anomali cuaca untuk meminimalisir kemungkinan bencana dalam pelayaran dan mampu meningkatkan produksi perikanan tangkap, yang muaranya meningkatkan kesejahteraan nelayan,” pungkasnya. (tio/bfn)