Porprov Bali XV Lahirkan Tiga Juara Umum, Badung Legowo

porprov-bali-xv-lahirkan-tiga-juara-umum-badung-legowo
Wakil Ketua KONI Badung, Wayan Tirta, (foto: bfn/ist)
banner 120x600

BADUNG, Balifactualnews.com – KONI Badung akhirnya legowo jika Ketua Umum KONI Bali menyebutkan hasil Porprov Bali XV/2022 yang dihelat 11 – 27 November 2022 menghasilkan tiga juara Umum, yakni Juara Umum I Badung, Juara Umum II Denpasar dan Juara Umum III Buleleng.

Hal itu diutarakan Wakil Ketua KONI Badung Wayan Tirta terkait adanya pro-kontra dengan istilah hasil kejuaraan Porprov itu. “Kalau Ketum KONI Bali mengatakan hal itu lazim, ya sudahlah tidak usah dipolemikan, sebab susah melakukan polemik dengan pihak yang tidak memahami soal kaidah bahasa dan kelaziman dalam bidang olahraga,” tutur Tirta yang juga pejabat Pengawas di PDAM Badung saat dikonfirmasi di Badung, Rabu (30/11/2022).

Tokoh olahraga Badung yang mendapat tugas mempersiapkan kontingen Badung ke Porprov Bali itu menambahkan, soal itu dibiarkan masyarakat Bali menilai mana yang benar. Pertimbangannya dirinya yakin, juara sepakbola dunia yang kini sedang berlangsung di Qatar, tidak akan menghasilkan Juara Umum I, Juara Umum II dan Juara Umum III dan Juara Umum IV. PON sendiri juga tidak mengenal istilah yang dianggap lazim itu.

“Soal tata Bahasa, kaidah dan konotasi biarkan ahlinya yang menjelaskan nanti. Namun bagi KONI Badung, Ketua Umum kami sudah mengingatkan. Kalau yang diingatkan tidak mau menerima, ya sudahlah,” jelas Tirta.

Bagi KONI Badung sendiri akan tetap mawas diri terhadap kekurangan yang terjadi. Koreksi diri itu dinilainya penting sehingga olahraga di Bali semakin maju ke depan. Apalagi Gubernur Wayan Koster mematok, supaya Bali nanti tetap peringkat 5 dan bukan juara umum 5 di PON XXI di Aceh dan Sumut tahun 2024.
KONI Badung lajut Tirta, akan melakukan evaluasi terhadap cabor yang ikut Porprov 9 Desember 2022. Evaluasi dilakukan terhadap atlet yang sudah sukses maupun atlet yang belum berhasil meraih medali di cabor masing-masing.

Selain itu, pada 5 Desember ini, KONI Badung juga melakukan persembahyangan kembali di Pura Lingga Bhuwana, Puspem Badung, sebagai rasa syukur kehadapan Ide Hyang Widi Wasa, karena berhasil mendapatkan yang terbaik di Porprov Bali 2022. “Kami melakukan kegiatan dan aktivitas sekala dan niskala dalam mengembangkan olahraga ini,” tutup Tirta. (ena/bfn)