PPDB 2022 SD dan SMP di Karangasem Dibuka Mulai Hari ini

banner 120x600

Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga Karangasem, I Wayan Sutrisna. (foto BFN.com)


KARANGASEM –  Pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun ajaran 2022-2023 di Kabupaten Karangasem telah mulai dibuka. Hal itu disampaikan Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga (Kadisdikpora) Karangasem, I Wayan Sutrisna kepada Balifactualnews.com hari ini Senin (20/6/2022).

Sutrisna mengatakan, pihaknya telah melakukan berbagai persiapan seperti melaksanakan rapat koordinasi untuk pelaksanaan PPDB tahun ajaran 2022 – 2023. “Intinya kami menginginkan seluruh anak didik program sekolah 9 tahun mesti tercover,” terangnya.

Selain sistem zonasi yng masih dipergunakan, salah satu system yang memungkinkan anak didik agar bisa mengikuti program belajar 9 tahun adalah sistem irisan. Sistem ini menurut dia ditujukan kepada peserta didik baru yang tempat tinggalnya jauh dari sekolah yang ada di kecamatan.

“Peserta didik yang tempat tinggalnya lebih dekat dengan salah satu sekolah mesti berada diluar kecamatan bisa mendaftar disana. Kita mesti fleksibel akan hal ini, agar tidak terjadi anak anak peserta didik yang tidak mendapatkan sekolah karena adanya system xzonasi yang kaku,” tegas Sutrisna.

Sutrisna melanjutkan, Pemerintah Kabupaten Karanagsem dalam hal ini, melakukan antisipasi terhadap system zonasi yang kerap menimbulkanmasalah bagi peserta didik. “intinya dimana peserta didik tinggal yang berdekatan dengan sekolah bisa mendaftar disana, karena setiap warga negara berhak atas pendidikan,”pungkas Sutrisna. (ger/bfn)