PUPR Segera Normalisasi Tiga Sungai

pupr-segera-normalisasi-tiga-sungai
Wedasmara, Kepala Dinas PUPR Kabupaten Karangasem

KARANGASEM, Balifactualnews.com—Dinas PUPR Kabupaten Karangasem segera akan melakukan normalisasi tiga sungai yang sudah mengalami pendangkalan. Normalisasi tiga sungai itu menggunakan dana APBD Induk 2023.

Kepala Dinas PUPR, Wedasmasra, mengatakan, ketiga sungai yang akan dinormalisasi, yakni Tukad Batah di Kecamatan Selat, Tukad Ganggang di Kecamatan Bebandem, dan Tukad Mbah Api di Kecamatan Abang. Masing-masing sungai yang akan dinormalisasi disiapkan anggaran RP 100 juta. Total anggaran yang disiapkan untuk melakukan normalisasi ketiga sungai itu sebesar Rp 300 juta.

“Saat ini kami baru dalam proses pembuatan DED (Detail Engineering Design. Kalau sudah selesai dilanjutkan dengan pembuatan permohonan rekomendasi teknisnya (Rekomtek) ke Balai Wilayah Sungai (BWS). JIka semua tahapan selesai pengerjaan normalisasi di tiga sungai itu baru bisa dikerjakan,” terang Wedasmara, dikonfirmasi Selasa (10/1/2023).

Baca Juga : SMPN 3 Bebandem Masuk Zona Bahaya Banjir Bandang

Wedasmara memastikan, rekomtek dari BWS terhadap normaliasi di tiga sungai itu keluar karena sejalan dengan program dari BWS. “Menyangkut normalisasi sungai, rekomendaksi teknis yang kami mohonkan pasti akan dikeluarkan, karena program ini sejalan dengan program balai.

Sementara itu, Perbekel Ababi, I Wayan Siki berharap dilakukan normalisasi sungai di aliran Mbah Api. Sebab, aliran tersebut sering terjadi luapan air ketika hujan deras hingga memicu jalan.

“Kami berharap secepatnya dilakukan normalisasi, karena pendakalan tukad Mbah Api sudah sangat parah,” harap Siki. (tio/bfn)

Berita Lainnya : Bupati Gede Dana Serahkan Paket Bantuan Kepada Penyandang Disabiltas

Exit mobile version