Ratusan Guru di Karangasem Dimutasi, 5 Orang Promosi Jadi Kasek

ratusan-guru-di-karangasem-dimutasi-5-orang-promosi-jadi-kasek
Kadis Dikpora Karangasem I Wayan Sutrisna saat memberikan pengarahan kepada para guru yang terkena mutasi.
banner 120x600

KARANGASEM, Balifactualnews.com — Ratusan guru di Karangasem yang terdiri dari guru TK, SD dan SMP dimutasi untuk mendapatkan tugas di sekolah yang dekat dengan tempat tinggalnya. Selain sebagai penyegaran, mutasi yang dilakukan itu juga dalam rangka pengisian guru pensiun dan promosi guru menjadi Kepala Sekolah.

Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga, Kabupaten Karangasem, I Wayan Sutrisna, dikonfirmasi, Rabu (8/2/2023), membenarkan rotasi guru yang dilakukan pada Selasa (7/2/2023) itu.

“Ya, benar, mutasinya sudah berjalan kemarin di Aula Kantor Dinas Disdikpora. Mutasi yang kami lakukan bukan punishment, tapi sebagai bentuk penyegaran dengan konsep mendekatkan guru dari tempat tinggal,” ucap Sutrisna.

Dia merinci, dari 237 guru yang dimutasi, sebanyak 58 orang guru menggantikan guru yang sudah pensiun dan meninggal dunia, Kepala Sekolah yang mengundurkan diri dan memilih kembali menjadi guru sebanyak sebanyak 25 orang dan 35 orang Kepala Sekolah mendapat penyegaran untuk bertugas di tempat yang baru. Sedangkan guru yang dimutasi sebanyak 119 guru.

“Ratusan guru yang dimutasi di dalamnya ada 5 orang guru SD dipromosikan menjadi Kepala Sekolah SMP dan 1 orang guru SMP mendapatkan promosi menjadi Kepala Satuan Pendidikan,” terang Sutrisna.

Dijelaskan dalam mutasi itu, juga diserahkan SK kepada 45 guru (Kepala Satuan Pendidikan. Guru yang mendapatkan SK tersebut, 2 orang diantaranya merupakan jenjang TK, 37 orang guru jenjang SD, dan 4 orang guru di jenjang SMP.

“Astungkara mutasi berjalan lancar. Mutasi diawali pembagian SK, pengarahan dari masing-masing korwil dan dilanjutkan sesi tanya jawab,” pungkas Sutrisna. (tio/bfn)