Rotasi Pejabat Karangasem Tinggal Menghitung Hari

banner 120x600

“Hasil uji kompetensi dari tim Pansel sudah kita  laporkan ke KASN.  Kalau disetujui,  rotasi  sudah bisa laksanakan September ini”

( Kepala BKSDM/ I Gusti Gede Rinceg )

I Gusti Gede Rinceg

KARANGASEM, Balifactualnews.com—Kepala Badan Kepegawaian dan Sumber Daya Manusia (BKSDM) Karangasem, I Gusti Gede Rinceg, mengatakan,   pimpinan DPRD Karangasem telah menyetujui pengangkatan (rotasi) I Nengah Mendra  (Kadis Pemberdayaan Masyarakat Desa) sebagai Sekretaris Dewan, menggantikan I Wayan Ardika yang di rotasi menempati pos jabatan di OPD lain.

Penegasan itu disampaikan Rinceg  disela-sela mengikuti rapat rutin  pimpinan OPD di Wantilan Kantor Bupati Karangasem, Senin 13 September 2021.

Dikatakan,  Pimpinan DPRD Karangasem menyetujui pengangkatan dan penggantian Sekretaris Dewan  sejak Kamis 10 September 2021.  “Pimpinan Dewan sudah menyetujui Pak Mendra untuk  diangkat sebagai Sekretaris Dewan menggantikan  Pak Wayan Ardika,” ucap Renceg.

Persetujuan pimpinan Dewan terhadap pengangkatan Mendra sebagai Sekwan, semakin mempercepat jalannya rotasi pejabat eselon II  tersebut. Tersiar kabar, rotasi  gelombang pertama  pejabat eselon II akan dilaksanakan 21 September mendatang, dari 21 jabatan tinggi yang akan di rotasi. Isu itu diperkuat dari penegasan Rinceg, bahwa hasil uji kompetensi untuk pejabat eselon II sudah dilaporkan ke Komite Aparatur Sipil Negara (KASN).

“Hasil uji kompetensi dari tim Pansel sudah kita  laporkan ke KASN.  Kalau disetujui,  rotasi  sudah bisa laksanakan September ini,” tegasnya.

Rotasi jabatan tinggi gelombang kedua, kata Rinceg, paling lambat akan dilakukan awal Januari atau paling cepat Desember bulan depan. Hal ini dilakukan karena  menunggu pejabat eselon II yang pensiun.

Sementara itu, dirotasinya Nengah Mendra  dari jabatannya sekarang sebagai Kadis PMD ke Sekwan, makin menguatkan  langkah I Wayan Ardika menduduki   jabatan sebagai Kepala BPKAD Karangasem, itu pun  kalau  skenario awal tidak  berubah. Sementara Agus Sukesana yang sekarang menjabat Plt Kepala BPKAD  kembali pada pos sebelumnya sebagai ahli. Kabarnya Agus Sukasena sudah digadang-gadang menggantikan I Gusti Gede Rinceg saat  pensiun nanti.

Kadis Perindag I Nyoman Sutresna, juga sudah dipastikan bakal dirotasi  ke Disdikpora Karangasem menggantikan I Gusti Ngurah Kartika yang dikabarkan mundur dan memilih jabatan sebagai Pengawas Sekolah. Selain itu, Kepala Inspektorat Daerah (Irda) I Wayan Sudarsana juga kena rotasi jabatan tinggi gelombang pertama . Kabarnya dia akan  menduduki jabatan  Asisten, jabatannya akan diisi Wayan Purna.

Terkait skema rotasi  pejabat itu, Rinceg tidak mau menjelaskan secara rinci. Dia berkelit, bahwa draf  rotasi yang sudah digenggamnya masih perlu dimatangkan. “Usulan ke KASN sudah, tapi draf  jabatan tinggi yang  akan dirotasi pada gelombang pertama ini masih disempurnakan lagi oleh Bapak Bupati,” tegasnya. (tio/bfn)