RSUD Karangasem Pulangkan Pasien Positif Covid-19

banner 120x600
dr. I Wayan Suardana, Direktur RSUD Karangasem

KARANGASEM, Balifactualnews.com—Pihak RSUD Karangasem memulangkan salah pasien perempuan positif Covid-19 asal Desa Adat Karangasem.  Tindakan  pihak rumah sakit itu  disesalkan banyak pihak tak terkecuali keluarga pasien.

“Hasil swab ketiga  ibu saya masih dinyatakan positif.  Kendati  sudah dinyatakan tanpa gejala, namun kami  tetap khawatir virus tersebut bisa menular ke keluarga yang lainnya,” ucap salah seorang anak dari pasien Covid-19 terse but, kepada wartawan, Kamis (10/9/20).

Sumber tadi menuturkan, orang tuanya menjalani perawatan sejak 10 Agustus lalu dan dinyatakan positif tanggal 12 Agustus. Setelah dinyatakan positif,  orang tuanya menjalani perawatan  di RSUD Karangasem dan tanggal 6 September 2020 pihak rumah sakit memulangkannya.

“Memang tidak ada gejala, tapi  hasil swab yang menyatakan positif   memunculkan dilema di keluarga kami. Antara rasa takut dan khawatir campur aduk,” tuturnya.

Dilain pihak, Direktur RSUD Karangasem, dr. I Wayan Suardana, mengatakan, pasien konfirmasi tanpa gejala, gejala ringan, gejala sedang dan gejala berat/kritis dinyatakan sembuh apabila telah memenuhi kreteria selesai isolasi dan telah dikeluarkan surat pernyataan selesai pemantauan dari dokter tempat melakukan pemeriksaan.

“Pasien konfirmasi dengan gejala berat/kritis dimungkinkan memiliki hasil  pemeriksaan follow up RT-PCR persisten positif. Karena pemeriksaan RT-PCR masih dapat terdeteksi bagian tubuh virus Covid-19, walau virus sudah tidak aktif atau tidak menular lagi,” jelasnya, seraya menambahkan, bahwa  penentuan sembuh berdasarkan hasil assesmen yang dilakukan oleh  DPJP.

“Kendati sudah dinyatakan sembuh, pasien tetap wajib mengikuti protokol kesehatan. Pasien juga tetap harus menjalani isolasi mandiri selama tujuh hari dan wajib melakukan control  kesehatan ke rumah sakit,” tukasnya. (nda/tio/bfn)