Sebarkan Informasi Hoaks Lantai Tiga RSU Bali Med Jebol, Diamankan Polisi

sebarkan-informasi-hoaks-lantai-tiga-rsu-bali-med-jebol-diamankan-polisi
banner 120x600

KARANGASEM, Balifactualnews.com – Penyebar berita hoaks atau berita palsu, yang menyatakan lantai tiga di rumah sakit umum Bali Med Karangasem akibat gempa bumi yang mengguncang Karangasem, akhirnya diamankan pihak polsek Bebandem, pada Rabu (14/12/2022) dini hari. Pelaku seorang pria berinisial INM (39) asal Desa Kesimpar, Kecamatan Abang, Kabupaten Karangasem.

Kapolsek Bebandem AKP I Wayan Gede Wirya, membenarkan pihaknya telah mengamankan pelaku. “Kita mengamankan pelaku pukul 02.00 dini hari tadi. Dan saat ini dia masih kami mintai keterangan lebih lanjut,” terangnya.

Setelah diamankan, akhirnya pelaku membuat pernyataan klarifikasi dan permintaan maaf melalui video, bahwa apa yang disampaikannya tersebut tidak benar.  Berdasarkan pengakuan yang bersangkutan bahwa ia membuat video tersebut tidak ada maksud untuk menakut-nakuti masyarakat. Hanya spontan di tengah kepanikan akibat gempa. Karena kebetulan saat itu ia sedang berada di Rumah Sakit Balimed untuk menjaga pamannya.

Kapolsek Wirya menyampaikan dan mengimbau seluruh masyarakat agar berhati-hati dalam menyampaikan informasi melalui media sosial yang kebenarannya tidak bisa dipertanggungjawabkan. “Terlebih informasi tersebut bisa membuat resah dan panik masyarakat. Bijaklah dalam bermedia sosial,” imbuh Wirya. (ger/bfn)