Sekda Badung Adi Arnawa Pimpin Apel Peringatan Hari Lahir Pancasila

sekda-badung-adi-arnawa-pimpin-apel-peringatan-hari-lahir-pancasila
Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Badung I Wayan Adi Arnawa memimpin Peringatan Hari Lahir Pancasila di Lapangan Pusat Pemerintahan Kabupaten Badung, Mangupraja Mandala, Sabtu (1/6).
banner 120x600

MANGUPURA, Balifactualnews.com – Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Badung I Wayan Adi Arnawa memimpin Peringatan Hari Lahir Pancasila di Lapangan Pusat Pemerintahan Kabupaten Badung, Mangupraja Mandala, Sabtu (1/6). Apel Hari Lahir Pancasila diikuti peserta dari siswa-siswi SMP dan SMA di Kabupaten Badung, para Pegawai di Lingkungan Pemkab Badung, TNI/Polri serta dihadiri Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Badung, Pimpinan DPRD Badung dan para Kepala OPD di lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Badung.

Sekda Adi Arnawa menyampaikan, peringatan Hari Lahir Pancasila tahun ini adalah momentum yang sangat bersejarah, tidak saja diperingati dalam bentuk upacara seremonial tetapi yang paling penting adalah semangat yang harus di kobarkan kepada seluruh masyarakat Indonesia sehingga memahami bahwa lahirnya Pancasila itu sangat penting di Indonesia ini ditengah-tengah keanekaragaman yang terdiri dari berbagai suku, adat, budaya dan agama. Lahirnya Pancasila ini sebagai perekat, pemersatu yang bermuara pada Bhineka Tunggal Ika.

“Kita perlu terus mempertahankan Pancasila sebagai dasar negara, selain itu pancasila adalah sebagai landasan ideologi bangsa dan negara serta Pancasila adalah sebagai dasar dalam pelaksanaan kegiatan bermasyarakat dan bernegara, karena didalamnya terkandung nilai-nilai Ketuhanan, Kemanusiaan, Persatuan, Kerakyatan dan Nilai Keadilan Sosial,” ucapnya,

Lanjut kata Adi Arnawa, Pancasila adalah sebagai landasan pembangunan dalam mewujudkan Indonesia Emas 2045, sebagaimana tema dari peringatan Hari Kesaktian Pancasila tahun ini yakni ‘Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045’.

“Inilah yang harus diketahui oleh generasi muda kita dan mudah-mudahan melalui momentum Hari Lahir  Pancasila ini dapat memberikan edukasi kepada masyarakat luas khususnya generasi muda agar menghargai jasa para pahlawan dalam berkehidupan berbangsa dan bernegara ini. Kita harus selalu berlandaskan Pancasila, karena bagaimanapun juga dasar negara kita adalah Pancasila tidak hanya diucapkan saja, tetapi yang paling penting adalah diimplementasikan dalam karya-karya nyata pada kehidupan sehari-hari,” tutupnya. (ims/bfn)